3 "Soft Skill" yang Harus Dimiliki Alumni Baru

Kompas.com - 20/05/2013, 10:13 WIB
EditorCaroline Damanik

KOMPAS.com — Zaman sekarang, kuliah tak hanya soal nilai-nilai akademik yang cemerlang. Masa kuliah seharusnya juga memperlengkapi calon alumninya untuk menghadapi dunia kerja setelah lulus.

Salah satu keahlian yang harus dimiliki adalah yang terkait karakter atau soft skill. Sales and Marketing Director Career Builder, Gabelas MS, mengatakan, ada tiga soft skill yang harus dimiliki oleh mahasiswa dan alumni dalam menghadapi dunia kerja nantinya.

"Di antara banyaknya soft skill yang harus kita miliki adalah kemauan yang kuat, kecakapan berkomunikasi, serta kepercayaan diri yang tinggi," kata Gabelas dalam seminar soft skill bertema "Soft Skills and Motivation for Maximum Impact" di Aula Utama Universitas Nasional Jakarta, Selasa (9/4/2013).

Menurutnya, tiga soft skill ini akan membantu para alumni memiliki kompetensi mumpuni dalam menjawab tantangan dunia global. Namun demikian, Gabelas mengatakan tiga keahlian itu juga harus didukung oleh motivasi yang tinggi dalam meraih cita-cita serta impian di dalam hidup.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Divisi CDC Unas, Saptomo Setiawan, SP. Saptomo mengatakan bahwa kampus juga perlu bertanggung jawab memperlengkapi calon alumninya dengan keahlian dan motivasi yang tinggi, termasuk Unas.

"Kegiatan ini digelar untuk membekali mahasiswa dan alumni baru agar memiliki kesiapan dalam menghadapi dunia kerja, bagaimana trik dan tips yang menarik dalam membuat lamaran kerja dan sebagainya. Semoga banyak hal menarik dan bermanfaat yang nantinya bisa dibawa pulang oleh peserta acara ini," tuturnya.

Berlatih menyusun CV

Nah, selain melatih soft skill dan menumbuhkan motivasi, para calon alumni juga harus berlatih menyusun riwayat hidup atau curriculum vitae (CV) yang menarik. Gabelas berbagi tips sederhana. Apa itu?

"Daftar riwayat hidup itu tidak perlu panjang - panjang, yang terpenting sederhana dan menggambarkan kelebihan dan kemampuan yang menonjol dari kita," tandas Gabelas.

Satu lagi, ingat, CV juga harus mudah dimengerti oleh orang lain yang membacanya ya...

 

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Close Ads X