Kompas.com - 21/05/2013, 18:55 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

BALIKPAPAN, KOMPAS.com — Seekor buaya muara (crocodylus porosus) yang selama beberapa hari terlihat berkeliaran di sekitar Pantai Manggar, Balikpapan, Kalimantan Timur, berhasil ditangkap, Senin (20/5/2013) malam, oleh masyarakat, personel UPTD Manggar, dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim.

Beberapa hari terakhir, buaya betina ini terlihat wira-wiri di sekitar pantai dan meresahkan warga juga pengunjung pantai.

"Mendapat informasi ini, tim kemarin malam bergerak. Buaya berhasil ditangkap dan langsung kami titipkan ke penangkaran buaya di Teritip, Balikpapan," kata Danang Anggoro, Kepala Seksi Konservasi BKSDA Wilayah III Kaltim, Selasa (21/5/2013).

Panjang buaya betina itu 3,58 meter, dan umurnya diperkirakan 10 tahun lebih. Habitat buaya muara ini sebenarnya adalah air payau, dan kawasan muara di Manggar memang habitatnya.

"Namun, buaya muara ini juga bisa di air asin (laut) sehingga disebut pula buaya air asin," kata Danang.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.