Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada 76 Siswa SMA/SMK DKI yang Tak Lulus UN

Kompas.com - 24/05/2013, 11:50 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 76 siswa sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK), dan sederajat di DKI Jakarta tidak lulus ujian nasional (UN). Angka ini berkurang apabila dibandingkan tingkat ketidaklulusan tahun 2012 lalu, yaitu mencapai 190 orang atau sebanyak 0,35 persen.

"Ada yang tidak lulus. Hanya 0,143 persen atau 73 anak SMA yang tidak lulus dari 61.000 peserta ujian. SMK hanya 0,005 persen atau tiga anak SMK yang tidak lulus dari 64.000 peserta ujian," kata Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto, ketika dihubungi wartawan di Jakarta, Jumat (24/5/2013).

Taufik menjelaskan, pengumuman UN tahun ini diumumkan via internet. Peserta ujian, orangtua, dan masyarakat bisa melihat pengumuman melalui internet, yaitu melalui alamat disdik.jakarta.go.id, sma-dki.web.id, atau situs tiap-tiap sekolah. Sementara itu, sebagian sekolah tetap dapat melihat pengumuman dengan datang ke sekolah masing-masing. Ini bisa dilakukan dengan catatan, peserta masuk ke sekolah menggunakan pakaian adat Nusantara.

Taufik menjelaskan, ada 45 sekolah yang telah bersedia untuk menggunakan pakaian adat Nusantara di hari pengumuman. Dalam menyikapi hasil kelulusan tersebut, Taufik mengimbau semua siswa SMA/MA/SMK dapat menghadapi kelulusannya dengan mengedepankan rasa syukur, tanpa melakukan tindakan destruktif, seperti corat-coret baju, rambut, atau badan; konvoi kendaraan dan tawuran; atau kegiatan destruktif lainnya.

"Bagaimanapun, kelulusan ini bukan merupakan proses akhir pendidikan, melainkan awal proses kelanjutan kehidupan siswa, apakah mau kuliah atau bekerja. Lebih baik baju sekolah disumbangkan bagi yang memerlukannya. Begitu juga dengan orangtua, tolong ingatkan anak-anaknya," kata mantan Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda DKI itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com