Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ni Kadek Vani Kaget Jadi Lulusan Terbaik Nasional

Kompas.com - 24/05/2013, 18:30 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com — Ni Kadek Vani Apriyanti (18), siswa SMA Negeri 4 Denpasar, mengaku tidak menyangka dia menjadi siswa dengan nilai terbaik ujian nasional untuk tingkat SMA se-Indonesia.

Vani yang memperoleh nilai rata-rata 9,87 pertama kali mengetahui informasi tersebut dari temannya yang membaca artikel di internet. "Saya enggak nyangka banget. Pertama kali dikasih tahu teman, abis itu nyari-nyari ke internet, abis itu beneran (terbaik)," ujar Vani yang tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya saat ditemui di SMA Negeri 4 Denpasar, Jumat (24/5/2013) siang tadi.

Putri kedua pasangan I Ketut Martawan dan Ni Made Mariani ini termasuk pelajar berprestasi di sekolahnya. Gadis berkacamata ini pernah menyabet medali perunggu dalam Olimpiade Sains Nasional di Jakarta saat masih duduk di kelas 11. Prestasi terbarunya adalah juara Karya Tulis Ilmiah yang diadakan sebuah perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Saat ditanya soal pengaruh mundurnya jadwal pelaksanaan UN tahun ini Vani menganggap hal tersebut justru keuntungan baginya. "Saya menganggapnya keberuntungan, soalnya ada waktu lebih untuk belajar," jelasnya.

Dengan prestasinya ini, Vani mendapat beberapa penghargaan, antara lain beasiswa hingga lulus di perguruan tinggi negeri pilihannya serta hadiah uang tunai sebesar Rp 10 juta dari sekolahnya, SMA Negeri 4 Denpasar.

Vani berhasil menjadi peraih nilai murni tertinggi dalam UN dengan nilai 9,87. Namanya dibacakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh dalam konferensi pers di Jakarta, kemarin sore. Nilai Vani terpaut hampir satu poin dengan Aditya Agam Nugraha dari SMA Negeri 1 Surakarta yang berada di tempat kedua (baca: Ini Dia 12 Siswa dengan Nilai Tertinggi di UN 2013).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com