Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Resep SMA Negeri 4 Denpasar Rajai Angka Kelulusan Nasional

Kompas.com - 25/05/2013, 05:56 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com — Selama tiga tahun terakhir prestasi SMA Negeri 4 Denpasar cukup mencengangkan. Sekolah ini dua kali menempati peringkat tertinggi nilai rata-rata kelulusan tingkat nasional.

Bahkan pada 2011, tiga siswa SMA Negeri 4 Denpasar menjadi tiga siswa dengan nilai ujian nasional (UN) tertinggi se-Indonesia. Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Denpasar I Wayan Rika berbagi rahasia siswanya selalu "moncer" saat mengerjakan soal UN. 

Sejak pemerintah menerapkan sistem UN, SMA Negeri 4 Denpasar selalu berinovasi dengan melakukan perubahan sistem evaluasi setiap tahunnya. "Seperti tahun ini kami menghadapi 20 paket soal. Kami lebih kreatif, kami membentuk klub-klub UN, grup yang khusus mendongkrak nilai UN," ungkap Rika saat ditemui di Kantornya, Jumat (24/5/2013).

Klub UN ini terdiri dari 20 siswa dengan nilai terbaik yang kemudian dikumpulkan menjadi satu kelompok. Mereka mendapat pelajaran tambahan selama dua jam setelah pulang sekolah. "Anak-anak terbaik kami beri perlakuan khusus, kami kelompokkan sehingga belajar lebih efektif," jelas Rika.

Tak hanya siswa berprestasi yang digembleng, siswa dengan nilai terendah juga mendapat perhatian khusus untuk mendongkrak nilai mereka. "Anak-anak yang tergolong lemah kami berikan perlakuan khusus supaya mereka bisa lulus juga," kata dia tanpa merinci cara khusus penggemblengan itu.

Tahun ini, SMA Negeri 4 Denpasar kembali menempati peringkat tertinggi rata-rata kelulusan tingkat nasional. Rata-rata nilai SMA Negeri 4 Denpasar untuk program IPA adalah 55,66, sedangkan untuk program IPS 50,64. SMA Negeri 4 Denpasar yang merupakan SMA favorit di Bali dalam tiga tahun terakhir mendominasi peringkat terbaik nasional dalam kelulusan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com