Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulit Ingat Kata Baru dalam Bahasa Asing? Intip Tipsnya

Kompas.com - 26/05/2013, 20:54 WIB

KOMPAS.com - Bertemu dengan kata-kata baru yang tidak Anda kenal sebelumnya tentu tidak mudah untuk mengingatnya. Oleh karena itu, banyak yang mengeluh kesulitan belajar bahasa asing.

Padahal, untuk bisa dikatakan mampu bercakap-cakap dalam suatu bahasa asing, paling tidak seseorang perlu memiliki perbendaharaan paling tidak 120 kata. Namun, tidak ada yang tidak mungkin. Anda hanya perlu berlatih dengan giat dan simak delapan tips berikut ini agar mengingat kata asing tak terlalu sulit:

1. Buat target yang realistis
Para ahli mencatat, seseorang biasanya belajar 10-20 kata per waktu belajar. Sediakan waktu khusus untuk belajar bahasa asing selama 15 menit per hari dan cobalah untuk menetapkan target menguasai 20-25 kata atau frase setiap minggunya. Dengan demikian, hanya butuh 6 minggu untuk bisa mengingat 120 kata atau frase.

2. Lakukan klasifikasi
Cobalah fokus mengingat kata yang memiliki tema sama setiap minggunya. Anda akan diajak untuk mengelompokkan kata atau frase yang berhubungan secara alamiah dan melakukan klasifikasi informasi dengan baik.

3. Padanan kata, jangan lawan kata
Tinggalkan cara belajar kata yang berlawanan secara bersamaan. Pelajari kata-kata yang sifatnya lebih umum. Setelah bisa mengingat padanan suatu kata dengan baik, mulailah pelajari lawan katanya.

4. Membedah kata yang baru didengar
Lihat struktur kata ketika menemukan kata baru. Banyak kata terdiri dari prefiks dan sufiks, dan pemahaman yang tepat terhadap struktur kata tersebut sangatlah menguntungkan. Ini membantu Anda memahami konjugasi dan struktur sehingga mudah mempelajari kata-kata baru lainnya.

5. Ingat, baca, baca, baca
Ingat, membaca sangat besar pengaruhnya untuk membantu Anda mengingat kembali perbendaharaan kata serta cara penggunaannya dalam kalimat dan konteks baru. Cobalah belajar melalui bahan bacaan dengan bahasa asing yang Anda pelajari sesuai tingkatan kemampuan Anda atau juga bisa melalui iklan dan menu di restoran.

6. Visualisasikan
Gunakan trik Keyword Method untuk menguasai kata baru. Visualisasikan kata yang baru Anda ketahui dalam bentuk gambar atau adegan. Contohnya, dalam perjalanan ke Moskow, saya mengingat kata sapaan baru dalam bahasa Rusia, yaitu “Zdravstvujtye” dengan visualisasi seekor burung pemakan bangkai. Visualisasi ini sedikit konyol, namun efektif.

7. Fokus pada frase
Pelajari kata-kata baru dalam bahasa asing melalui konteksnya daripada mengingat arti kata per kata. Dalam bahasa Inggris, misalnya, banyak frase-frase sederhana yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti "turn left", "just a minute", dan "nice to meet you". Ketika baru mempelajari suatu bahasa, mulailah dengan mengingat frase-frase sederhana.

8. Lakukan review lebih sering
Saat belajar, kata-kata yang sudah dipelajari kemarin lebih penting daripada kata-kata yang dipejari hari ini. Anda perlu mentransfer memori jangka pendek Anda tentang kata-kata baru ke memori jangka panjang. Mengingat ulang menjadi aktivitas yang penting, terutama dalam beberapa hari atau minggu pertama Anda belajar kata-kata yang baru, seperti juga metode yang biasa digunakan oleh buku teks bahasa dan program online yang baik.

Berani mencoba?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com