Kompas.com - 26/05/2013, 22:29 WIB
EditorCaroline Damanik

KOMPAS.com - Dunia kuliah adalah dunia baru, berbeda dengan masa-masa sekolah. Meski sebagian remaja masih akan tinggal bersama orangtua, kemandirian menjadi mutlak diperlukan dalam mengelola studi di perguruan tinggi.

Menurut Study Tips, ada empat hal yang harus dimiliki dan dikembangkan oleh seorang mahasiswa untuk meraih kesuksesan dalam berkuliah. Apa saja?

1. Manajemen waktu
Ini bukan sekadar berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk mempelajari sesuatu pada saat kuliah, tetapi apa yang Anda dapat selesaikan selama waktu tersebut.

Menghabiskan 40 jam untuk mempersiapkan ujian dan hanya meraih C tentu hanya membuang-buang waktu. Kembangkan perencanaan studi dan belajarlah untuk mengelola waktu dengan efektif untuk mengoptimalkan hasilnya.

2. Motivasi
Jika Anda tidak termotivasi dan memiliki sikap yang buruk, sesi belajar Anda tidak akan produktif. Anda hanya memiliki satu kesempatan untuk melampaui ujian Geometri atau menyelesaikan makalah.

Ambil waktu dalam sehari dimana Anda dapat memperoleh motivasi untuk menyiapkan tes, menulis esai dan menyelesaikan masalah.

3. Konsentrasi
Kemampuan untuk berkonsentrasi adalah salah satu keahlian belajar yang penting untuk dikembangkan. Anda tidak akan selalu berada dalam ketenangan suasana atau menghabiskan waktu sebanyak mungkin untuk menyelesaikan suatu tugas nanti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Belajarlah cara-cara untuk mengatasi gangguan sehingga Anda dapat memfokuskan seluruh perhatian pada studi Anda.

4. Sikap tak malu bertanya saat ada kesulitan
Jika Anda tidak yakin atau belum paham dengan suatu topik, jangan malu bertanya. Bertanyalah pada dosen Anda, keluarga atau teman.

Penting untuk mengenal dan menyelesaikan suatu masalah sesegera mungkin. Di lain sisi, Anda memiliki waktu lebih banyak untuk bisa mempelajari hal-hal lainnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.