Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Langganan Banjir, SMA 8 Tetap Berprestasi

Kompas.com - 27/05/2013, 13:59 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Meskipun lokasi sekolahnya kerap dilanda banjir, SMA Negeri 8 tetap membuktikan keunggulannya dalam hal akademik. Dua siswinya baru saja masuk dalam daftar 10 besar siswa dengan nilai UN tertinggi se-Indonesia.

"Ini sudah menjadi info umum. Kalau SMA 8 enggak banjir, ada yang aneh. Namun, SMA 8 sudah tahu cara menghadapinya sehingga membuktikan bahwa banjir bagi kami adalah banjir prestasi," kata Kepala SMA 8 Jakarta Nahdiana saat ditemui di sekolahnya pada Senin (27/5/2013).

SMA 8 Jakarta terletak di Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan. Wilayah itu berbatasan dengan Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jakarta Timur, yang sering mengalami banjir alibat luapan air sungai Ciliwung. Menurut Nahdiana, saat banjir menggenangi, pihak SMA 8 tidak pernah cepat-cepat langsung meliburkan siswa-siswinya. Selagi banjir belum menggenangi ruang kelas, siswa-siswi akan belajar seperti biasa.

"Siswa SMA 8 menyikapi banjir dengan dewasa. Mereka sudah paham menghadapi banjir. Tahun ini saja sudah beberapa kali kena banjir, sekadar banjir di halaman. Jika tidak masuk ke ruang belajar, kami tidak akan meliburkan. Pernah saat banjir lima hari, proses pembelajaran pindah ke Balai Diklat Provinsi DKI dan melalui internet," tutur Nahdiana.

Terkait kesuksesan dua siswinya, Gracia dan Sarah, Nahdiana mengaku sangat bangga. Sekolah berharap agar adik-adik kelasnya dapat melampaui prestasi kakak-kakak kelasnya tersebut.

"Ke depannya saya ingin karena SMA bagian dari ujung tombak DKI Jakarta, saya berharap adik-adik kelasnya dapat mengungguli kakak kelasnya seperti kakak kelas mereka mengungguli prestasi kakak kelasnya," harap Nahdiana.

Hasil ujian nasional untuk jenjang SMA/SMK/MA yang diumumkan pada Jumat (24/5/2013) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Gracia dan Sarah masuk dalam 10 besar nasional siswa yang meraih nilai ujian tertinggi dalam Ujian Nasional 2013.

Gracia menempati peringkat ketujuh dengan nilai murni 9,75, sementara Sarah duduk di peringkat ke-10 dengan nilai murni 9,73. Untuk peringkat 1 ditempati Ni Kadek Vani Apriyanti, siswi SMA Negeri 4 Denpasar dengan nilai 9,87.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com