Kompas.com - 27/05/2013, 19:02 WIB
|
EditorHeru Margianto

KOMPAS.com — Ingin tahu apakah Anda, kerabat, atau rekan Anda lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013? Ayo cek pengumumannya di Kompas.com!

Pengumuman hasil SNMPTN bisa dilihat dengan mengeklik halaman Info SNMPTN 2013. Di laman ini, pembaca bisa melihat semua daftar nomor pendaftaran, nama, dan kode program studi peserta yang dinyatakan lolos seleksi.

Panitia SNMPTN 2013 sudah mengumumkan hasil SNMPTN 2013 secara resmi pada hari ini, Senin (27/5/2013) sore, dalam keterangan pers di kampus Institut Teknologi Bandung (ITB). Panitia memajukan jadwal pengumuman karena alasan administratif terkait publikasi.

Dalam keterangan pers itu pula, Ketua Panitia SNMPTN 2013 Akhmaloka menyatakan bahwa pada tahun ini, sebanyak 133.604 siswa dinyatakan lolos seleksi.

Jawa Timur tercatat sebagai provinsi dengan jumlah siswa yang paling banyak lulus SNMPTN, diikuti Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Utara, dan Riau. Jumlah siswa dari Jawa Timur yang dinyatakan lolos SNMPTN 2013 mencapai lebih dari 20.000 siswa. DKI Jakarta sendiri hanya duduk di peringkat kedelapan.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah siswa yang lolos SNMPTN pada tahun ini melalui jalur tertulis naik sekitar 323,27 persen. Hal ini disebabkan pemerintah mengubah kuota penerimaan mahasiswa. Tahun ini, pemerintah menetapkan penerimaan mahasiswa minimal 50 persen melalui jalur tertulis atau SNMPTN 2013, 30 persen melalui seleksi tertulis, dan 20 persen melalui jalur mandiri.

Dalam keterangan pers, Akhmaloka mengatakan bahwa para siswa yang lolos SNMPTN ini belum dapat dikatakan diterima oleh PTN yang bersangkutan. Pasalnya, kelulusan baru akan sah jika PTN sudah melakukan verifikasi terhadap data akademis dan kemampuan ekonomi dari siswa yang dinyatakan lolos.

"Kalau kami lihat, kami baru menyebutnya, siswa yang terseleksi. Jadi, belum bisa disebut diterima di PTN karena nanti masih ada hal-hal lain yang perlu diklarifikasi," katanya.

Hasil SNMPTN 2013 dapat dilihat di sini

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Close Ads X