Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/05/2013, 15:30 WIB

KOMPAS.com - Bertambahnya usia membuat ketajaman ingatan serta kesehatan otak tidak bisa dicegah pengurangannya. Agar memori tetap tajam dan otak berjalan sesuai fungsinya, diperlukan asupan makanan dan aktivitas tubuh yang seimbang.

Untuk mendapatkan itu semua, Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut ini:
* Selalu cek tekanan darah dan kolesterol dalam tubuh secara rutin, agar Anda mengetahui kesehatan otak Anda.
* Tidur yang cukup. Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat mengganggu ketajaman memori. Cobalah untuk tidur, setidaknya tujuh sampai delapan jam sehari.
* Olahraga secara teratur. Aktivitas fisik secara teratur telah terbukti dapat mengurangi risiko demensia dan penyakit Alzheimer. Usahakan setidaknya 30 menit sehari untuk berolahraga.
* Tantang otak Anda. Jaga pikiran Anda agar selalu aktif, dan latih dengan mengambil tugas yang membutuhkan pemikiran, atau memecahkan teka-teki. Dengan begitu, otak Anda akan terus dibuat aktif.
* Tidak merokok. Jika Anda merokok, efek yang disebabkan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, juga dapat menurunkan aliran darah ke otak dan menyebabkan kerusakan serius.
* Luangkan waktu untuk istirahat. Luangkan waktu untuk memanjakan diri dari kepenatan akibat rutinitas. Sediakan waktu untuk bertemu teman-teman, liburan, menyalurkan hobi, dan melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya.
 
Selain menyeimbangkan aktivitas fisik dan waktu untuk istirahat, asupan makanan juga berpengaruh untuk mempertajam ingatan Anda. Apa saja yang bisa dikonsumsi?
* Alpukat. Kandungan lemak tak jenuh tunggal yang ada pada alpukat dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Oksigen yang sampai ke otak, membantu Anda untuk berpikir dan mengingat secara detail.
* Apel. Vitamin C yang dihasilkan dari apel mampu mengurangi masalah Alzheimer pada otak Anda.
* Cokelat murni. Mampu mengurangi peradangan dan dapat membantu mencegah oksidasi di otak yang merupakan pemicu banyak penyakit saraf.
* Teh hijau. Kandungan EGCG di dalamnya berfungsi melindungi otak dengan cara menurunkan jumlah protein yang terbangun sebagai plak, yang menyebabkan penurunan memori dan kerusakan saraf.
* Blueberry. Nutrisi yang ada di dalam buah ini membantu masalah penuaan pada fungsi otak, memperbaiki kemampuan belajar, kemampuan motorik, dan indera penglihatan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com