Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Mahasiswa Asing di Inggris Menurun

Kompas.com - 29/05/2013, 14:51 WIB

KOMPAS.com — Jumlah pelajar asing di Inggris mengalami penurunan drastis sehingga menimbulkan kekhawatiran hal ini akan berdampak pada universitas di Inggris. Angka terbaru menunjukkan adanya penurunan 46 persen pengajuan visa pelajar, sebuah angka besar bagi mereka yang ingin belajar ke sejumlah universitas di Inggris.

Penurunan ini terjadi setelah sejumlah langkah dikeluarkan untuk memperketat visa pelajar dengan menaikkan standar kemampuan bahasa Inggris dari tahun sebelumnya dan juga persyaratan wawancara langsung antara calon mahasiswa dan universitas.

Organisasi pemerhati pelajar asing di universitas Inggris, Study Group UK, mengatakan, penurunan ini menimbulkan kekhawatiran.

"Angka mahasiswa asing dan pelajar bahasa Inggris turun hampir setengah dalam pengajuan visa dan itu adalah kekhawatiran yang nyata," kata Direktur pelaksana Study Group UK untuk perguruan tinggi, James Pitman.

"Hal ini secara lambat akan mencekik, dan malapetaka tengah mengintai perguruan tinggi Inggris," tambahnya.

Study Group bekerja bersama sekitar 20 universitas di Inggris untuk menggelar sejumlah jalur kursus bagi pelajar asing untuk belajar bahasa Inggris dan tahun dasar secara bersamaan atau sebelum masuk ke universitas.

Visa kunjungan

Pemerintah sendiri mengatakan dampak dari ketatnya visa pelajar membuat banyak orang yang ingin belajar bahasa Inggris datang dengan menggunakan visa kunjungan.

Ini tidak termasuk angka imigrasi terbaru, tetapi Departemen Bisnis, Inovasi, dan Keterampilan mengatakan, ada peningkatan 5 persen dalam pengajuan visa 11 bulan. Juga disebutkan bahwa pendaftaran mahasiswa non-Uni Eropa meningkat 5,5 persen dari tahun sebelumnya.

Secara keseluruhan, data Badan Statistik Nasional Inggris menunjukkan angka imigrasi ke Inggris turun lebih dari sepertiga. Total 153.000 imigran datang ke Inggris dari awal tahun 2012 hingga September 2012, turun dari 242.000 di tahun sebelumnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com