Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

50 Persen Lulusan SMA Negeri 1 Magelang Diterima di PTN

Kompas.com - 29/05/2013, 16:31 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com — Sebagian besar lulusan SMA Negeri 1 Kota Magelang tahun ajaran 2012/2013 dinyatakan diterima di perguruan tinggi negeri di Pulau Jawa. Mereka diterima melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Kota Magelang Sucahyo Wibowo menyebutkan, dari 251 siswa, 134 siswa sudah diterima di PTN. Antara lain di Universitas Gadjah Mada (UGM) sebanyak 74 siswa, Universitas Diponegoro (UNDIP) dan Universitas Negeri Surakarta (UNS) masing-masing 13 siswa.

"Kemudian di Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebanyak sembilan siswa, di Universitas Indonesia (UI) enam siswa, di Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS) lima siswa, di Universitas Soedirman (Unsoed) dua siswa serta masing-masing seorang diterima di Universitas Brawijaya (Unibraw), Universitas Padjadjaran (Unpad), dan Universitas Negeri Semarang (Unes)," imbuh Sucahyo, pada acara purna siswa SMA Negeri 1 Kota Magelang di Gedung Wiworo Wiji Pinilih, Rabu (29/5/2013).

Sucahyo mengaku bangga dengan prestasi anak didiknya itu. Di samping banyak yang diterima di PTN, ada 71 siswa di antara mereka juga berhasil meraih nilai sempurna 10 untuk berbagai mata pelajaran. "Prestasi yang lebih membanggakan lagi, pada tahun ini SMA Negeri Kota Magelang untuk program studi IPA dan IPS meraih peringkat pertama se-Jawa Tengah," ungkapnya.

Untuk program studi IPA, presentase rata-rata nilainya mencapai 8,65 atau mengalami peningkatan 0,16 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 8,49. "Sedangkan, untuk program studi IPS juga mengalami peningkatan sebesar 0,04 persen dari pada tahun pelajaran 2011/2012 lalu 8,57, dan pada tahun ini 8,61,” kata Sucahyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com