Kompas.com - 30/05/2013, 07:52 WIB
Penulis Icha Rastika
|
EditorPalupi Annisa Auliani

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh melaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tentang indikasi korupsi di kementeriannya, Rabu (29/5/2013) malam. Pelaporan ini merupakan tindak lanjut hasil investigasi Inspektorat Jenderal Kemdikbud yang menemukan dugaan penyimpangan APBN-Perubahan 2012 di Direktorat Jenderal Kebudayaan. Namun, laporan ditegaskan tidak terkait dengan penyelenggaraan ujian nasional.

"Beberapa hari yang lalu, berita tentang pemeriksaan dari Irjen terhadap Direktorat Jenderal Kebudayaan sempat beredar. Oleh karena itu, saya sampaikan hasil pemeriksaan dari Inspektorat seperti apa," kata Nuh di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta. Menurut Nuh, laporannya diterima langsung oleh Ketua KPK Abraham Samad.

Laporan ini, kata Nuh, disampaikannya kepada KPK agar dipelajari lebih jauh. "Jadi, memang benar ada penyimpangan atau tidak, kami enggak punya kewenangan menentukan menyimpang atau tidak," ujarnya.

Nuh juga menegaskan, laporan ini tidak berkaitan dengan penyelenggaraan ujian nasional. "Bukan itu, di UN nggak ada pelanggaran. Saya tidak melaporkan itu," tambah Nuh.

Sebelumnya, Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Haryono Umar menyampaikan ada banyak dugaan penyimpangan APBN-P 2012 di Direktorat Jenderal Kebudayaan. Ditemukan pula dugaan penggelembungan dana di luar batas kewajaran dari APBN-P direktorat itu senilai Rp 700 miliar. Terkait potensi korupsi ini, KPK sebelumnya menyatakan akan menunggu laporan dari Kemdikbud.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.