Kompas.com - 31/05/2013, 15:30 WIB
EditorCaroline Damanik

DEPOK, KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) menerima 2.351 mahasiswa baru dari jalur Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013. Jumlah mahasiswa yang diterima di program S-1 reguler itu terpilih dari total 67.829 peserta yang mendaftar ke UI.

Dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (31/5/2013), lebih dari 50 persen dari total pendaftar SNMPTN atau sebanyak 36.120 peserta memilih UI sebagai pilihan pertama. Sementara itu, untuk bidang sains dan teknologi, jurusan dengan jumlah peminat tertinggi adalah Ilmu Komputer yaitu sebesar 1.312 orang. Untuk ilmu kesehatan yaitu Pendidikan Kedokteran dengan jumlah peminat 2.440 orang dan bidang sosial humaniora, yaitu Akuntansi sebanyak 3.022 orang.

Tahun ini, UI menerima mahasiswa baru dari tiga jalur seleksi. Selain SNMPTN, UI juga akan menerima mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBPMTN) dan Seleksi Masuk UI (Simak UI).

Pendaftaran SBMPTN atau seleksi tertulis sudah dibuka dan akan berakhir 7 Juni mendatang. Ujiannya sendiri akan digelar serempak secara nasional pada tanggal 18-19 Juni. Sementara itu, pendaftaran seleksi mandiri atau Simak UI juga akan ditutup pada tanggal 7 Juni mendatang. Ujiannya baru akan digelar secara serempak pada tanggal 30 Juni mendatang di 17 kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Tangerang Selatan, Serang, Depok,
Bekasi, Bogor, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Makassar, Balikpapan, Medan,
Padang, Bukit Tinggi, Pekanbaru, Palembang, dan Cirebon.


Pada tahun ini, UI menerima mahasiswa baru melalui tiga jalur penerimaan yaitu SNMPTN, SBMPTN (jalur tertulis) (periode
pendaftaran 13 Mei – 7 Juni 2013) dan SIMAK UI (periode pendaftaran 6 Mei
– 7 Juni 2013).

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.