Kompas.com - 02/06/2013, 23:56 WIB
EditorBenny N Joewono

PALEMBANG, KOMPAS.com - Calon mahasiswa Universitas Sriwijaya yang dinyatakan lulus dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri diharuskan melakukan verifikasi data terhadap panitia penerimaan di Palembang, 3-4 Juni 2013.

"Para lulusan diharuskan datang ke Graha Unsri Jalan Srijaya Negara Bukit Besar pukul 07.30 - 16.00 WIB untuk membuktikan data yang dilaporkan siswa ketika melakukan pendaftaran," kata Ketua Pelaksana Penerimaan Mahasiswa Baru Unsri, Zulkifli Dahlan, di Palembang, Minggu (2/6/2013).

Ia mengemukakan, proses verifikasi itu merupakan prosedur dalam penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN sebelum melakukan pendaftaran ulang pada 18-19 Juni 2013.

Siswa diharuskan membawa sejumlah dokumen dalam proses verifikasi itu yakni raport asli SMA/MA/MTS dari semester I hingga semester V, beserta fotokopinya dalam rangkap dua berkas.

"Selain itu, siswa juga diharuskan membawa surat keterangan lulus dari kepala sekolah beserta fotokopi yang telah dilegalisir dalam dua rangkap, kartu tanda peserta SNMPTN asli, kartu identitas diri (KTP atau SIM), serta pasfoto ukuran 3x4 sebanyak tiga lembar," ujarnya.

Ia menambahkan, seluruh berkas itu dimasukkan dalam satu map kertas berwarna kuning ditulis pada bagian muka yakni nama, nomor peserta, program studi, dan asal sekolah.

"Saat verifikasi nanti, akan dibuktikan apakah data yang diberikan itu benar atau tidak. Jika terjadi manipulasi, maka panitia penerimaan tidak segan-segan melakukan pencoretan," katanya.

Pengumuman nama-nama siswa yang dinyatakan lulus dalam jalur undangan/SNMPTN telah dilakukan Kemendikbud pada 28 Mei 2013. Sebanyak 3.200 kursi disediakan Unsri melalui jalur SNMPTN itu atau 50 persen dari total mahasiswa baru tahun penerimaan 2013.

Khusus calon mahasiswa yang lulus melalui jalur SNMPTN hanya perlu melakukan pendaftaran ulang jika dinyatakan lulus. Keadaan itu berbeda dengan peserta jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang harus mengikuti ujian tulis pada 18-19 Juni 2013, dengan terlebih dahulu melakukan pendaftaran secara online dalam masa waktu 13 Mei-7 Juni 2013 mengakses http://ujian.sbmptn.or.id.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.