Kompas.com - 03/06/2013, 00:41 WIB
EditorBenny N Joewono

GORONTALO, KOMPAS.com — Sebanyak 53 kepala sekolah (kepsek) sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Gorontalo Utara akan melakukan studi banding ke Yogyakarta terkait dengan peningkatan kualitas sektor pendidikan.

"Ini adalah penghargaan pemerintah daerah (pemda) atas prestasi tingkat kelulusan 100 persen pada ujian nasional (UN) tingkat SMP tahun ini," ungkap Bupati Indra Yasin, Minggu (2/6/2013).

Yogyakarta dipilih karena daerah itu terkenal sebagai kota pendidikan sehingga berbagai capaian keberhasilan kegiatan belajar mengajar bisa dipelajari di kota tersebut.

Bupati menegaskan jika studi banding tersebut bukan sebagai hadiah jalan-jalan saja. Namun, para kepsek pun diberi kesempatan untuk melihat langsung sistem pendidikan yang diterapkan.

Para kepsek diharapkan memperoleh pengalaman, tambahan pengetahuan, dan inovasi yang bisa diterapkan di sekolahnya masing-masing sehingga secara bertahap pendidikan di kabupaten ini akan semakin maju dan berkualitas.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) setempat, Ariyati Polapa, mengatakan, persentase kelulusan UN SMP di daerah itu mencapai 100 persen, yang diikuti oleh 1.625 siswa peserta.

Studi banding diharapkan menjadi media bagi para kepsek untuk memperoleh banyak referensi tentang penerapan sistem kegiatan belajar mengajar aktif dan efektif. Pemda juga akan memberangkatkan 14 orang kepsek di tingkat SMA/sederajat untuk studi banding di Denpasar, Bali.

Seluruh kepsek akan diberangkatkan secara bersamaan pada bulan Juni ini.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.