Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

53 Kepsek Studi Banding ke Yogyakarta

Kompas.com - 03/06/2013, 00:41 WIB

GORONTALO, KOMPAS.com — Sebanyak 53 kepala sekolah (kepsek) sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Gorontalo Utara akan melakukan studi banding ke Yogyakarta terkait dengan peningkatan kualitas sektor pendidikan.

"Ini adalah penghargaan pemerintah daerah (pemda) atas prestasi tingkat kelulusan 100 persen pada ujian nasional (UN) tingkat SMP tahun ini," ungkap Bupati Indra Yasin, Minggu (2/6/2013).

Yogyakarta dipilih karena daerah itu terkenal sebagai kota pendidikan sehingga berbagai capaian keberhasilan kegiatan belajar mengajar bisa dipelajari di kota tersebut.

Bupati menegaskan jika studi banding tersebut bukan sebagai hadiah jalan-jalan saja. Namun, para kepsek pun diberi kesempatan untuk melihat langsung sistem pendidikan yang diterapkan.

Para kepsek diharapkan memperoleh pengalaman, tambahan pengetahuan, dan inovasi yang bisa diterapkan di sekolahnya masing-masing sehingga secara bertahap pendidikan di kabupaten ini akan semakin maju dan berkualitas.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) setempat, Ariyati Polapa, mengatakan, persentase kelulusan UN SMP di daerah itu mencapai 100 persen, yang diikuti oleh 1.625 siswa peserta.

Studi banding diharapkan menjadi media bagi para kepsek untuk memperoleh banyak referensi tentang penerapan sistem kegiatan belajar mengajar aktif dan efektif. Pemda juga akan memberangkatkan 14 orang kepsek di tingkat SMA/sederajat untuk studi banding di Denpasar, Bali.

Seluruh kepsek akan diberangkatkan secara bersamaan pada bulan Juni ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com