Kompas.com - 03/06/2013, 07:06 WIB
EditorBenny N Joewono

YOGYAKARTA, KOMPAS.com  Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta kembali membuka pendaftaran siswa baru kelas cerdas istimewa di tingkat sekolah dasar untuk tahun ajaran 2013/2014.

"Pada 2012, kami membuka pendaftaran siswa baru (PSB) kelas cerdas istimewa untuk pertama kalinya dan hasilnya cukup bagus. Karenanya, pada 2013 ini kembali dibuka kelas yang baru untuk jenjang sekolah dasar," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Edy Heri Suasana, di Yogyakarta, Minggu (2/6/2013).

Menurut dia, tujuan dari dibukanya kelas cerdas istimewa tersebut adalah untuk menampung siswa yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi sehingga pendekatan pembelajaran yang diterapkan pun berbeda bila dibanding kelas reguler.

Pada tahun ajaran 2013/2014, sekolah dasar yang akan membuka pendaftaran siswa baru untuk kelas cerdas istimewa juga akan ditambah dari tahun lalu dari satu sekolah menjadi empat sekolah.

Keempat sekolah tersebut adalah SD Negeri Ungaran, SD Negeri Giwangan, SD Negeri Pujokusuman, dan SD Negeri Tegalrejo 3. Pada tahun ajaran 2012/2013, siswa kelas cerdas istimewa hanya dilayani di SD Negeri Ungaran.

Selain menambah jumlah sekolah, Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta juga meningkatkan persyaratan bagi calon siswa yang akan mendaftar, yaitu dari tingkat intelegensi. Syarat tingkat kecerdasan (IQ) minimal dinaikkan dari 125 pada 2012 menjadi 130.

"Di samping tingkat kecerdasan, calon siswa yang akan masuk kelas cerdas istimewa ini juga harus memiliki bakat dan kreativitas tinggi. Dalam proses penerimaan siswa baru kelas cerdas istimewa ini, kami bekerja sama dengan Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM)," katanya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain membuka kelas cerdas istimewa, Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta juga akan kembali membuka pendaftaran siswa baru untuk kelas khusus olahraga yang akan diselenggarakan di SMP Negeri 13 dan SMA Negeri 4.

Pendaftaran siswa baru untuk siswa kelas khusus olahraga di SMP Negeri 13 Yogyakarta akan dilakukan pada 7-11 Juni dan pengumuman pada 22 Juni, sedangkan untuk SMA Negeri 4 Yogyakarta dilakukan pada 3-5 Juni dengan pengumuman hasil seleksi pada 17 Juni.

Jumlah siswa yang akan diterima di SMP maupun SMA hanya satu kelas, yaitu 34 anak. Syarat yang harus dipenuhi untuk bisa tercatat sebagai siswa baru di kelas khusus olahraga tersebut adalah siswa dari Kota Yogyakarta dan memiliki prestasi olahraga setidaknya di tingkat kota/kabupaten dari cabang olahraga apa pun.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X