Kompas.com - 10/06/2013, 00:52 WIB
EditorBenny N Joewono

BATAM, KOMPAS.com — Kota Batam, Kepulauan Riau, menjadi daerah tujuan tur pendidikan (study tour) pelajar Singapura pada liburan sekolah, demikian dikatakan Kepala Dinas Pariwisata Kota Batam Yusfa Hendri di Batam, Minggu.

"Seiring dengan liburan sekolah sekarang ini, banyak sekali sekolah-sekolah Singapura yang datang membawa pelajarnya ’study tour’ ke Batam," kata Yusfa Hendri, Minggu (9/6/2013).

Berdasarkan laporan dari pengusaha perjalanan, sedikitnya 20 grup pelajar memastikan kunjungan ke Batam sejak awal Juni. Setiap grup terdiri atas minimal 20 orang.

Di Batam, ratusan pelajar Negeri Singa itu berwisata ke kampung-kampung tua, pantai, sambil melakukan serangkaian bakti sosial di tempat itu. Mereka juga mengunjungi panti asuhan dan menghibur anak yatim yang tinggal di sana. "Ada juga yang ke sekolah-sekolah di tempat terpencil dan mereka memberi bantuan," kata Yusfa.

Biasanya, para pelajar melakukan kunjungan selama tiga sampai empat hari sebelum kembali ke Singapura. Selain pelajar, juga ada beberapa kelompok guru dari Malaysia dan Singapura yang melakukan tur ke Batam. Namun, kata Yusfa, jumlahnya tidak sebanyak pelajar.

Yusfa mengatakan bahwa kunjungan pelajar dan guru turut mendongkrak jumlah kunjungan wisman ke kota industri itu. Menyinggung soal keamanan Batam bagi wisman, Yusfa meyakinkan pihaknya bersama aparat keamanan dan seluruh pihak terkait selalu berupaya memberikan perlindungan kepada setiap orang yang berada di Batam. "Tidak hanya turis, seluruh masyarakat kita upayakan agar aman dan nyaman," kata dia.

Mengenai kasus pencurian yang dialami wisman beberapa waktu lalu, Yusfa memastikan kepolisian segera bertindak untuk mencari pelaku. Dan, itu bukti pemerintah dan aparat keamanan serius memberikan perlindungan hukum.

Sepanjang 2013, Kota Batam ditargetkan menyerap 1,25 juta wisman. Untuk mencapai target itu, Pemkot Batam bekerja sama dengan pemerintah pusat menyelenggarakan berbagai acara, di antaranya ASEAN Jazz Feztival, Deepavali, Tour de Barelang, dan Kenduri Seni Budaya Melayu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.