Empat Sekolahan di Langkat Raih Adiwiyata Mandiri

Kompas.com - 10/06/2013, 01:25 WIB
EditorBenny N Joewono

LANGKAT, KOMPAS.com — Empat sekolah di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri dari Kementerian Lingkungan Hidup atas dedikasi sekolah tersebut dalam bidang penghijauan.

"Ada empat sekolah yang meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri," kata Kepala Dinas Pendidikan Langkat, Sujarno, di Stabat, Minggu (9/6/2013).

Sekolah yang menerima Adiwiyata Mandiri tersebut terdiri dari SMP negeri 1 Stabat, SMA negeri 1 Padang Tualang, SD Negeri 058111 Sawit Seberang, dan SD Negeri 050728 Tanjungpura. "Adiwiyata mandiri ini sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap pentingnya sekolah untuk melakukan penghijauan," ungkap Sujarno.

Penghargaan ini, menurut dia, juga menunjukkan kebanggaan sekolah di bumi Langkat, yang berhasil meraih penghargaan bergengsi di bidang penghijauan sekolah.

Diharapkan semakin banyak sekolah di Langkat ini yang meraih prestasi terutama mendukung program penghijauan sehingga sekolah semakin sejuk, nyaman, dan asri.

Sujarno juga menjelaskan, penerimaan Adiwiyata Mandiri akan dilakukan Senin (10/6/2013) di Jakarta, yang akan diterima langsung para kepala sekolah tersebut.

Secara terpisah kepala sekolah SMP Negeri 1 Stabat Gito yang dihubungi mengungkapkan rasa senang dan bangganya atas perolehan Adiwiyata Mandiri untuk sekolahnya. "Semua ini berkat partisipasi para siswa, dewan guru, komite sekolah yang begitu peduli terhadap penghijauan, sekolah asri yang terkait dengan lingkungan," kata Gito.

Disampaikannya juga, sebelum diperoleh Adiwiyata Mandiri ini, pada 2012 sekolahnya juga menerima Adiwiyata Nasional. Gito menjelaskan, seluruh elemen yang ada di sekolahnya saat ini dan seterusnya akan terus peduli terhadap kepentingan lingkungan bersih, sehat, dan hijau. Inilah yang terus ditanamkan kepada seluruh siswanya.

"Keberhasilan ini merupakan keberhasilan keseluruhan yang ada di sekolah, bukan keberhasilan orang per orang," katanya.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X