Kompas.com - 18/06/2013, 10:09 WIB
Penulis Dani Prabowo
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jendral Direktorat Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan, Djoko Santoso mengatakan, dalam pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013, ada 17 orang penyandandang cacat (disabilitas) yang juga mengikuti ujian tersebut. Ke-17 orang tersebut merupakan peserta ujian yang mendaftar untuk lokasi ujian DKI Jakarta.

"Semua peserta ujian yang menyandang disabilitas yang mengikuti ujian SBMPTN, melangsungkan ujian di Universitas Indonesia," kata Djoko, saat meninjau salah satu lokasi ujian SBMPTN di SMA Labschool Kebayoran, Selasa (18/6/2013).

Dari 17 orang tersebut, sebanyak empat orang diantaranya mendaftar sebagai peserta ujian IPA. Mereka terdiri dari penyandang tuna netra dan tuna daksa masing-masing satu orang, dan dua orang penyandang tuna rungu.

Sedangkan 13 orang lainnya, mendaftar sebagai peserta ujian IPS. Mereka terdiri dari 6 orang penyandang tuna netra, 5 orang penyandang tuna rungu dan 2 orang penyandang tuna daksa.

"Tahun ini tidak ada penyandang disabilitas yang mengikuti ujian campuran," ujarnya.

Secara keseluruhan, peserta ujian SBMPTN 2013 di Jakarta mencapai 44.165 peserta. Jumlah tersebut lebih sedikit dari target peserta yang ditentukan yaitu sebanyak 60.000 peserta.

Dari 44.165 peserta ujian yang mendaftar, sebanyak  17.713 peserta mendaftar untuk ujian IPA, 22.755 peserta ujian IPS dan 3.697 pesera ujian IP Campuran. Sementara, pelaksanaan ujian ini sendiri akan dilaksanakan di 104 SMA/MA dan SMK yang tersebar di wilayah Jakarta dan Depok.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.