Kompas.com - 02/07/2013, 21:51 WIB
EditorBNJ
CIANJUR, KOMPAS.com — Ratusan siswa SDN Mekarmanah di Kampung Ciparay, Desa Mekarjaya, Kecamatan Campaka, Cianjur, Jabar, terpaksa menjalani proses belajar-mengajar di bawah ancaman longsor.

Pasalnya bangunan sekolah tersebut terletak di atas tebing setinggi 13 meter yang saat ini mengalami pergerakan di bagian bawahnya dan beberapa kali mengalami longsor.

"Tebing yang mengalami pergerakan semakin dekat dengan bangunan sekolah sehingga kami merasa waswas dan meminta 153 siswa untuk siaga dan segera keluar ruangan jika hujan melanda kawasan ini," kata Kepala SDN Mekarmanah Nunung Maryati Spd, Selasa (2/7/2013).

Dia menyebutkan, tidak ada upaya lain yang bisa dilakukan untuk menanggulangi kondisi tersebut selain adanya perbaikan dengan cara membangun bronjong. Namun, untuk upaya tersebut, pihak sekolah tidak memiliki anggaran.

"Selama ini kami hanya melakukan antisipasi dengan cara memasang karung yang diisi tanah penahan longsor. Tapi, upaya itu sia-sia karena karung tersebut juga tergerus air. Karenanya, posisi sekolah terancam," ujarnya.

Dia menambahkan, untuk merelokasi bangunan yang dinilai sangat terancam pun pihaknya belum memiliki dana, ditambah lahan yang diperlukan untuk relokasi belum ada. "Saat ini kalau hujan turun sedang, kegiatan belajar-mengajar tetap dilanjutkan, meski ada kekhawatiran akan terjadinya longsor," ucapnya.

Pihaknya berharap ada bantuan dari dinas pendidikan dan dinas terkait lainnya di Pemkab Cianjur agar pembetonan segera dilakukan terhadap bagian bawah tebing yang saat ini keberadaannya mengancam bangunan sekolah.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.