Kompas.com - 07/07/2013, 21:20 WIB
EditorBNJ
BATAM, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Batam menyiapkan hadiah khusus untuk dua pelajar yang sukses menjadi juara I dalam ajang "2013 National Vocational Student Skills Competition (NVSSC)," kompetisi keterampilan siswa sekolah kejuruan di Tiongkok.

"Hadiah akan diberikan, Dinas Pendidikan yang menyiapkan," kata Wakil Wali Kota Batam, Rudi di Batam, Minggu (7/7/2013).

Ia mengatakan, hadiah khusus akan diberikan untuk membantu pribadi sang juara, Hermawan Andrianto dan Tangguh Wicaksono, dalam menjalankan pendidikan. Namun, ia enggan menyebutkan jenis apresiasi yang akan diberikan Pemkot Batam.

Menurut Rudi, sebenarnya, siswa berprestasi di Batam amat banyak. "Ini bukan yang pertama, tapi kebetulan yang paling baru," katanya.

Sebelumnya, guru pembina tim SMK 1 Batam, yang juara di Tiongkok, Hamdani mengatakan, selama ini sekolahnya sudah berulang kali memperoleh juara dari berbagai perlombaan di luar negeri, namun tidak pernah mendapat apresiasi dari Pemkot Batam. "Kalau dari Pemkot tidak ada, kalau dari Pemprov memang ada," katanya.

Ia berharap pemerintah lebih memperhatikan prestasi pelajar yang sudah mengukir nama Batam dan Indonesia di kancah internasional untuk menjadi semangat bagi siswa lain dalam meraih gelar juara.

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Batam meraih juara I kategori International skill competition dalam ajang 2013 NVSSC, kompetisi keterampilan siswa sekolah kejuruan di Tiongkok.

Tim SMK 1 Batam yang terdiri dari Hermawan Andrianto dan Tangguh Wicaksono mengalahkan 40 tim dari berbagai negara, seperti Tiongkok, Jerman, Jepang, Kanada, Inggris, Amerika, Singapura, Korea, Vietnam, Laos, Kamboja, Malaysia, dan Thailand dalam ajang bergengsi itu.

Di Tiongkok, tim SMK 1 Batam menampilkan hasil kreasi mesin manufaktur di perlombaan itu. Mesin industri manufaktur memang menjadi mengingat di kawasan industri itu memang terkenal dengan industri manufaktur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.