Kompas.com - 15/07/2013, 11:57 WIB
|
EditorFarid Assifa

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya Bartis menyatakan, penerapan kurikulum baru tahun 2013 di beberapa sekolah terpilih, membuat bingung dinas pendidikan di daerah. Saat ini, sekolah terpilih dengan kurikulum baru jumlahnya sedikit dibandingkan sekolah dengan kurikulum lama.

"Kami dinas di daerah yang kebingungan. Nanti bagaimana kalau untuk ujian, rapor, dan mutasi siswa? Soalnya kan sekarang ada dua kurikulum yang berbeda diterapkan seluruh sekolah di daerah. Nantinya bagaimana mereka kalau ujian?" kata Bartis kepada sejumlah wartawan di Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya, Senin (15/7/2013) siang.

Menurut Bartis, di wilayah Kabupaten Tasikmalaya terdapat tujuh SMK, enam SMA dan lima SMP, yang dijadikan lokasi penerapan kurikulum baru 2013. Sedangkan sekolah lainnya ingin mengikuti penerapan kurikulum baru. Namun, muncul permasalan tentang pengetahuan guru yang belum memahami metode kurikulum baru.

"Kalau guru yang sebelumnya ditunjuk untuk mengikuti pelatihan tidak ada masalah. Sekarang sudah berjalan aplikasi kurikulum baru. Nah, sekolah lainnya yang ingin memakai kurikulum baru masalahnya, sampai sekarang pengajar dan bukunya belum ada. Apalagi kurikulum baru menerapkan satu buku untuk satu siswa," keluh Bartis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.