Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Prospek Karier Lulusan Teknik Informatika?

Kompas.com - 16/07/2013, 16:57 WIB
KOMPAS.com — Program Teknik Informatika memiliki lima peminatan yang terdiri dari Software Engineering, Database Technology/Applied Database, Network Technology/Applied Network, Interactive Multimedia, dan Intelligence System. Dari peminatan-peminatan tersebut di atas, struktur kurikulum dan prospek lulusannya dapat dijadikan pilihan.

Sementara itu, prospek karier bagi lulusan dari program Teknik Informatika (Computer Science) adalah sebagai berikut.
1. Software engineer/developer
2. System analyst/developer
3. Web engineer/developer
4. Computer network specialist
5. Database specialist
6. IT support/consultant
7. Lecturer/trainer

Himpunan mahasiswa
Seperti di jurusan lainnya, Jurusan Teknik Informatika juga memiliki himpunan mahasiswanya sendiri, yaitu Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (Himti). Di tempat inilah para mahasiswa bergiat untuk mengasah soft skills mereka.

Tahun ini, Himti bekerja sama dengan HMJ lain, yaitu Himtek untuk mengadakan kegiatan seminar "Asus Basic Overclocking dan Final Competition Overclocking" sebelum dikirim mengikuti kompetisi tingkat Asia.

Beberapa kegiatan lain dilaksanakan Himti pada 2012/2013 meliputi:
- BeeICTA atau kompetisi untuk mengasah skil mahasiswa terhadap bidang Smart Application, Networking, Data Mining, Game Dev, Mobile dan Web. Selain itu, kompetisi juga dilakukan sebagai persiapan mahasiswa untuk berkompetisi di GEMASTIK tingkat nasional.

- Study Tour ke perusahaan-perusahaan di Jakarta, salah satunya Indogamers.

- Seminar et Workshop Discussion (ARTWORK) dengan tema utama "Creative and Innovative Technopreneur" dengan dua topik seminar yang dibahas, yaitu Lead the First Step dan One Step Closer serta workshop tentang pitching idea.

- HTTP 2012 dengan tema TRUST (Together Reach Unique and Solid Team) yang diadakan bersamaan dengan perayaan Himti Birthday ke-20.

- Himti Expo dan Competition (HEXION) 2012, yaitu event puncak dan penutup pada periode kepengurusan 2012 ini, diadakan expo di dalam kampus yang menggambarkan luasnya perkembangan teknologi dalam bidang entertainment.

- Komunitas yang dikembangkan pada periode ini adalah Android Community Binus (ACOMBEE).


"Bergabunglah dengan komunitas kelas dunia: www.binus.ac.id”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com