Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Sekolah di Magelang Belum Siap Terapkan Kurikulum 2013

Kompas.com - 17/07/2013, 08:24 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Tidak semua sekolah di Kabupaten Magelang siap menerapkan kurikulum 2013 sebagai pengganti Kurikukum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Hanya ada beberapa sekolah saja yang sudah menjalankan kurikulum tersebut.

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Magelang H Musowir mengatakan, baru ada 29 sekolah yang siap menerapkan kurikulum 2013, sementara sekolah lain akan diterapkan secara bertahap.

"Sekolah tersebut terdiri dari 9 sekolah di tingkat SD, 6 SMP, 6 SMA dan 8 SMK. Dari jumlah tersebut hanya empat sekolah yang berstatus swasta," sebut Musowir, Selasa (16/7/2013).

Sedangkan sejumlah sekolah yang siap melaksanakan kurikulum 2013 di antaranya SDN Salaman 1, SDN Muntilan, SDN Sriwedari, SDN Tersan Gede 1, SDN Pasuruhan 2, SDN Danurejo 1, SDN Grabag 2, SDN Secang 1 dan SD Muhammadiyah Gunungpring Muntilan.

Untuk tingkat SMP, terdiri dari SMPN 1 Salaman, SMPN 1 Muntilan. Keduanya merupakan eks RSBI yang mendapat prioritas untuk melaksanakan kurikulum 2013 ini.

Menurut Kepala Bidang Kurikulum Disdikpora R Priyana, empat SMP lainnya, terdiri dari SMPN Ngluwar 1, SMPN Candimulyo 1, SMPN Bandongan 1 dan SMP Kanisius Muntilan.

“Ada sembilan SMP yang kita usulkan untuk tahun depan, semuanya termasuk sekolah standar nasional (SSN)," katanya.

Sementara untuk tingkat SMA/SMK, di wilayah Kabupaten Magelang terdapat 14 sekolah, terdiri dari 6 sekolah SMA dan 8 SMK.

Kepala Seksi SMA Disdikpora Rachmad Subarkah memaparkan, sebanyak 29 SMA yang lain akan menyusul melaksanakan kurikulum tahun 2013 mulai tahun depan. Sebagai tahap awal, pihaknya akan melaksanakan sosialisasi ke seluruh kepala sekolah.

”Dengan begitu, tahun depan seluruh SMA di wilayah ini dapat melaksanakan kurikulum 2013,” tandasnya.

Pihaknya berharap kurikulum yang sudah berganti, tidak berubah lagi pada tahun berikutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com