Kompas.com - 17/07/2013, 08:24 WIB
|
EditorFarid Assifa
MAGELANG, KOMPAS.com - Tidak semua sekolah di Kabupaten Magelang siap menerapkan kurikulum 2013 sebagai pengganti Kurikukum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Hanya ada beberapa sekolah saja yang sudah menjalankan kurikulum tersebut.

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Magelang H Musowir mengatakan, baru ada 29 sekolah yang siap menerapkan kurikulum 2013, sementara sekolah lain akan diterapkan secara bertahap.

"Sekolah tersebut terdiri dari 9 sekolah di tingkat SD, 6 SMP, 6 SMA dan 8 SMK. Dari jumlah tersebut hanya empat sekolah yang berstatus swasta," sebut Musowir, Selasa (16/7/2013).

Sedangkan sejumlah sekolah yang siap melaksanakan kurikulum 2013 di antaranya SDN Salaman 1, SDN Muntilan, SDN Sriwedari, SDN Tersan Gede 1, SDN Pasuruhan 2, SDN Danurejo 1, SDN Grabag 2, SDN Secang 1 dan SD Muhammadiyah Gunungpring Muntilan.

Untuk tingkat SMP, terdiri dari SMPN 1 Salaman, SMPN 1 Muntilan. Keduanya merupakan eks RSBI yang mendapat prioritas untuk melaksanakan kurikulum 2013 ini.

Menurut Kepala Bidang Kurikulum Disdikpora R Priyana, empat SMP lainnya, terdiri dari SMPN Ngluwar 1, SMPN Candimulyo 1, SMPN Bandongan 1 dan SMP Kanisius Muntilan.

“Ada sembilan SMP yang kita usulkan untuk tahun depan, semuanya termasuk sekolah standar nasional (SSN)," katanya.

Sementara untuk tingkat SMA/SMK, di wilayah Kabupaten Magelang terdapat 14 sekolah, terdiri dari 6 sekolah SMA dan 8 SMK.

Kepala Seksi SMA Disdikpora Rachmad Subarkah memaparkan, sebanyak 29 SMA yang lain akan menyusul melaksanakan kurikulum tahun 2013 mulai tahun depan. Sebagai tahap awal, pihaknya akan melaksanakan sosialisasi ke seluruh kepala sekolah.

”Dengan begitu, tahun depan seluruh SMA di wilayah ini dapat melaksanakan kurikulum 2013,” tandasnya.

Pihaknya berharap kurikulum yang sudah berganti, tidak berubah lagi pada tahun berikutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.