Kompas.com - 18/07/2013, 18:23 WIB
Depok terputus koneksinya dengan lingkungan, potensi sumber daya alam, dan manusianya. KOMPAS/Iwan SetiyawanDepok terputus koneksinya dengan lingkungan, potensi sumber daya alam, dan manusianya.
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com — Hasil Seleksi Masuk Universitas Indonesia (Simak UI) untuk program vokasi, sarjana, dan pascasarjana akan diumumkan besok, Jumat (19/7/2013). Setelah pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 ditayangkan di Kompas.com, hasil Simak UI juga akan hadir di Kompas.com besok pagi.

Simak UI dilaksanakan secara serentak di 17 kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Tangerang Selatan, Serang, Depok, Bekasi, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Balikpapan,
Medan, Padang, Bukit Tinggi, Pekanbaru, Palembang, dan Cirebon pada tanggal 30 Juni 2013.

Simak UI 2013 diikuti 39.675 peserta, empat di antaranya adalah peserta berkebutuhan khusus. Para siswa-siswi SMA/sederajat akan bersaing memperebutkan lebih kurang 3.125 bangku untuk program pendidikan vokasi, sarjana reguler, dan paralel.

UI menegaskan, tahun ini, para mahasiswa yang diterima di UI pada program S1 Reguler melalui Simak UI dibebaskan dari uang pangkal (UP). Para mahasiswa UI Program S1 Reguler tahun akademik 2013/2014, baik yang lulus melalui SNMPTN, SBMPTN, maupun Simak UI, hanya akan dikenakan biaya uang kuliah atau Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B).

Untuk jurusan IPS, besaran uang kuliah berada di rentang Rp 100.000 sampai maksimal Rp 5.000.000 per semester, sementara jurusan IPA di rentang Rp 100.000 sampai maksimal Rp 7.500.000 per semester. Rentang biaya BOP-B tersebut disesuaikan dengan kemampuan dan tanggungan finansial orangtua/wali mahasiswa.

Untuk mengecek hasil Simak UI kunjungi http://lipsus.kompas.com/simak_ui
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.