Kompas.com - 18/07/2013, 18:40 WIB
EditorBNJ
PADANG, KOMPAS.com — Universitas Andalas Padang dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Regional Sumatera Barat memperpanjang kerja sama penugasan dosen Unand untuk mengajar di IPDN.

"Kerja sama ini dimulai sejak 2009 dan akan diperpanjang hingga beberapa tahun ke depan," kata Wakil Rektor IV Unand Helmi di Padang, Kamis (18/7/2013).

Unand dan IPDN sebelumnya telah menjalin kerja sama penugasan dosen dari tiga fakultas yakni ekonomi, ISIP (ilmu sosial dan ilmu politik), dan hukum untuk mengajar di kampus IPDN Regional Sumbar, Baso.

Sebaliknya doktor dari IPDN juga dapat mengajar di Unand pada program pascasarjana ilmu politik. "Dengan adanya perpanjangan kerja sama ini tentunya akan menguntungkan kedua belah pihak, terutama terkait pengembangan sistem pengajaran kedua institusi tersebut dalam skala nasional," katanya.

Selain itu, katanya, bagi Unand, kerja sama ini menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan peranan dalam pengembangan pendidikan dan pengajaran bersama mitra.

Ia mengatakan, nantinya juga akan ada kerja sama dalam beberapa bidang lainnya seperti mengembangkan laboratorium pendidikan sistem pemerintahan, publikasi karya ilmiah, serta penelitian. "Termasuk di dalamnya riset dalam pengembangan teknologi, informasi, dan komunikasi," katanya.

Sementara itu, Direktur IPDN Regional Sumbar Ismail Nurdin mengatakan, banyak keuntungan yang diperoleh IPDN terkait kerja sama dengan Unand, terlebih dalam peningkatan kualitas dan kemampuan pengetahuan akademis para praja IPDN.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ini terbukti dengan tingginya nilai akademis pada saat menempuh kuliah di kampus pusat Jatinangor Bandung," katanya.

Dia berharap, ke depan kerja sama ini terus berjalan bahkan meningkat setiap tahunnya. "Tidak hanya pendidikan dan pengajaran namun juga pengembangan tri dharma perguruan tinggi," katanya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.