Kompas.com - 18/07/2013, 19:40 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorBNJ

KUDUS, KOMPAS.com — Sebanyak 646 siswa dari 3.938 siswa di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, yang tercatat sebagai penerima dana Bantuan Siswa Miskin (BSM) sudah mencairkan bantuan lebih dahulu, meskipun Kantor Pos Cabang setempat belum berkoordinasi dengan instansi terkait.

"Kami memang sedang menjadwalkan rapat koordinasi dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kudus dalam waktu dekat terkait dengan pencairan dana BSM untuk siswa sekolah dasar (SD)," kata Kepala PT Pos Cabang Kudus, Rusdi Hendra Sanjaya, di Kudus, Kamis (18/7/2013).

Hanya saja, kata dia, ternyata ada beberapa siswa SD, yang namanya sudah tercatat sebagai penerima dana BSM, mencairkannya sendiri di Kantor Pos Cabang Kudus. Hingga saat ini, lanjut dia, jumlah siswa yang sudah mencairkan dana tersebut sebanyak 646 dari beberapa sekolah di Kudus.

Ia mengaku heran dengan informasi yang mereka dapatkan begitu cepat, sehingga meski belum sempat dilakukan koordinasi, mereka sudah mencairkannya terlebih dahulu. "Karena mereka sudah datang ke Kantor Pos, tentunya tidak bisa ditolak. Apalagi, namanya memang termasuk sebagai penerima dana BSM dari Pemerintah Pusat," ujarnya.

Nantinya, lanjut dia, proses pencairan dana bantuan tersebut bisa dilakukan baik secara kolektif maupun perseorangan. Untuk pencairan secara kolektif, katanya, bisa dilakukan oleh siswa dari sekolah yang jaraknya cukup jauh dengan kantor pos terdekat.

"Pencairan tidak harus ke kantor pos cabang, karena di masing-masing kecamatan juga ada kantor pos unit, sehingga bisa dicairkan di kantor pos terdekat," ujarnya.

Proses pencairan berikutnya akan dijadwalkan untuk masing-masing penerima dari sekolah tertentu, agar tidak terjadi antrean yang terlalu panjang di setiap loket pembayaran yang disediakan Kantor Pos Kudus.

Dana BSM saat ini, kata dia, merupakan bantuan tahap kedua, setelah tahap pertama dicairkan pada awal 2013. Adapun besarnya dana bantuan yang diterima oleh tiap siswa sebesar Rp 360.000.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kudus Kudus, Eko Budi Santoso, ketika dimintai tanggapannya soal dana BSM mengakui, belum mengetahui informasi tersebut secara jelas.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.