Kompas.com - 30/07/2013, 21:49 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorBNJ

SEMARANG, KOMPAS.com - Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah VI Jawa Tengah menyebutkan kuota beasiswa Bidik Misi bagi mahasiswa kalangan PTS di wilayah itu tahun ini mencapai 302 penerima.

"Kuota beasiswa Bidik Misi bagi mahasiswa PTS di Jateng tahun lalu hanya 69 penerima, dan terserap sebanyak 34 beasiswa," kata Koordinator Kopertis Jateng Prof DYP Sugiharto di Semarang, Selasa (30/7/2013) malam.

Keterserapan kuota beasiswa Bidik Misi pada tahun lalu yang belum maksimal, ungkap dia, disebabkan adanya pembatasan akreditasi dan program studi di PTS yang berhak mendapatkan beasiswa itu.

Ia menjelaskan mahasiswa PTS penerima Bidik Misi pada tahun lalu memang dipersyaratkan berkuliah di perguruan tinggi yang berakreditasi minimal A dan hanya diperuntukkan bagi mahasiswa pada empat prodi tertentu.

"Empat prodi tersebut, yakni kesehatan, ekonomi, teknik, dan pertanian. Tidak akreditasinya minimal A saja sudah kesulitan mencari karena Bidik Misi hanya bagi mahasiswa pada empat prodi itu," katanya.

Guru Besar Universitas Negeri Semarang (Unnes) itu mengakui selama ini mahasiswa yang berkuliah di PTS untuk prodi-prodi tersebut kebanyakan berasal dari kalangan mampu, misalnya Fakultas Kedokteran untuk bidang kesehatan.

"Kebanyakan mahasiswa Fakultas Kedokteran di PTS kan berasal dari kalangan mampu, tidak mungkin diusulkan Bidik Misi. Dengan pembatasan prodi ini saja kami kesulitan mencari penerima Bidik Misi," katanya.

Namun, Sugiharto mengatakan bahwa pada tahun ini tidak ada lagi pembatasan penerima Bidik Misi di PTS sebagaimana sebelumnya sehingga memberikan kesempatan lebih besar bagi para mahasiswa PTS mendapatkannya.

Terlebih lagi, kata dia, kuota penerima Bidik Misi untuk kalangan PTS di Jateng tahun ini juga ditambah menjadi 59 penerima, kemudian karena adanya usulan seluruh Kopertis ditambah lagi sebanyak 243 penerima.

"Nantinya, kuota penerima Bidik Misi yang diperoleh itu akan dibagi secara merata kepada kalangan PTS di Jateng. Beasiswa ini kan ditujukan bagi mahasiswa berprestasi tetapi dari keluarga tidak mampu," katanya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.