Kompas.com - 07/08/2013, 19:03 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.
EditorBNJ
KARANGASEM, KOMPAS.com - Pengurus Forum Hindu menebus ijazah siswi SMK Widya Wisata, Kabupaten Karangasem, Bali, yang ditahan oleh pihak sekolah karena tunggakan SPP senilai Rp 1,8 juta.

"Tadi pagi saya sudah bisa mengambil ijazah itu setelah tunggakan SPP saya dibayar oleh Forum Hindu," kata Ni Nengah Hari saat ditemui di GOR Gunung Agung, Amlapura, Kabupaten Karangasem, Rabu (7/8/2013).

Ia mengakui tak mampu membayar tunggakan SPP selama periode Oktober 2012 hingga Juni 2013. Namun dia kecewa atas pernyataan kepala sekolahnya bahwa dia termasuk siswa yang malas belajar.

"Saya memang pernah tidak masuk selama tujuh karena sakit. Jadi bukan karena malas," kata satu-satunya lulusan SMK Widya Wisata yang ijazahnya ditahan itu.

Dalam kesehariannya dia memang memiliki satu unit telepon seluler. "Namun HP saya sudah ’jadul’," kata gadis asal Desa Nawakerti, Kecamatan Abang, itu.

Untuk berangkat ke sekolah, dia selalu menumpang sepeda motor rekan sekampungnya yang bersekolah di SMA Negeri 2 Amlapura. Namun saat duduk di bangku kelas III dia memilih indekos di Amlapura.

"Saya memang dari keluarga miskin. Beberapa kali saya mengurus beasiswa, tapi tidak pernah berhasil," kata anak bungsu dari enam bersaudara yang nilai ujian nasionalnya itu 28.

Ia membenarkan bahwa pihak sekolah sempat berkirim surat kepada orang tuanya di Desa Nawakerti, namun karena keterbatasan biaya orang tua Nengah Hari tidak punya uang untuk berangkat ke Amlapura.

Sementara itu, Kepala SMK Widya Wisata Ni Nyoman Supadmi mengaku telah memberikan dispensasi dengan memberikan kesempatan mengikuti ujian nasional, meskipun masih menunggak SPP.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.