Beasiswa Kaltim Cemerlang ke Thailand Rp 2,34 Miliar

Kompas.com - 14/08/2013, 22:49 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorBNJ
SAMARINDA, KOMPAS.com — Pemprov Kaltim tahun 2013 kembali menggulirkan Beasiswa Kaltim Cemerlang khususnya untuk program internasional jenjang magister (S-2) dan doktor (S-3) dual degree (dua gelar) di Thailand dengan nilai total Rp 2,34 miliar.

"Beasiswa untuk dua jurusan sebesar itu diberikan kepada 30 penerima, masing-masing mendapatkan Rp 78 juta," ujar Ketua Tim Pengelola Beasiswa Kaltim Cemerlang 2013 Bohari Yusuf di Samarinda, Rabu (14/8/2013).

Bohari yang juga Ketua Dewan Pendidikan Kaltim ini melanjutkan, ke-30 orang penerima beasiswa itu berasal dari sejumlah kabupaten dan kota di Provinsi Kalimantan Timur, seperti Samarinda, Balikpapan, dan Kutai Kartanegara.

Mereka yang mendapat beasiswa program dua gelar di Thailand itu antara lain, Andi Mismawati dengan program studi kimia di King Mongkuts University of Technology Thonburi.

Kemudian Anshorullah Jamal dengan program studi fisika di Joint Graduate School of Energy and Environment, selanjutnya Auliana program studi mikrobiologi di King Mongkuts University.

Penerima lainnya adalah Anshar Rizal program studi ilmu kehutanan, Dewi Embong Bulan ilmu kelautan, Dijar Sunar Rukmi ilmu biologi, Rahmawati ilmu fisika, dan Handayani Boa jurusan ilmu kehutanan yang semuanya kuliah di University of Chulalongkorn.

Menurut Bohari yang juga Staf Ahli Gubernur Kaltim bidang Pendidikan dan Kebudayaan ini, total beasiswa yang diberikan Pemprov Kaltim pada 2013 senilai Rp 149 miliar.

Dari total nilai itu, beasiswa yang dikelola oleh Tim Beasiswa Kaltim Cemerlang sebesar Rp 97,5 miliar dengan aneka jenis beasiswa mulai jenjang SD hingga S-3, baik bagi siswa/mahasiswa kurang mampu maupun mahasiswa berprestasi.

Beasiswa kurang mampu bagi siswa SD dan yang sederajat senilai Rp 979,92 juta dengan jumlah penerima sebanyak 1.954 murid dari 15 kabupaten dan kota di Kaltim sehingga satu anak mendapat beasiswa sebesar Rp 480 ribu.

Kemudian untuk beasiswa tidak mampu jenjang SMP untuk 1.554 siswa, total nilainya sebesar Rp 932,4 juta sehingga masing-masing anak mendapat beasiswa senilai Rp 600 ribu.

Untuk beasiswa tidak mampu jenjang SMA dan yang sederajat, total penerimanya sebanyak 1.057 siswa dengan dana yang digelontorkan senilai Rp 761 juta sehingga masing-masing anak didik mendapat beasiswa Rp 720 ribu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Antara
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X