Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Robot ITB Raih Emas di FIRA RoboWorld Cup 2013

Kompas.com - 30/08/2013, 18:18 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com
— Tim Robot Institut Teknologi Bandung berhasil meraih satu medali emas, satu perak, dan satu perunggu dalam kompetisi robot internasional 18th FIRA RoboWorld Cup 2013 di Kuala Lumpur, Malaysia, 24-29 Agustus 2013.

"Ketiga medali tersebut adalah Medali Emas untuk kategori HuroCup Marathon, Medali Perak untuk kategori HuroCup Sprint, dan Medali Perunggu untuk kategori HuroCup Obstacle Run," tulis Koordinator Tim Robot ITB, Andini Noviana, dalam laporan yang diunggah di laman Facebook Kusprasapta Mutijarsa, dosen pembimbing tim robot tersebut, Kamis (29/8/2013).

Seperti dijelaskan Andini, FIRA RoboWorld Cup (FIRA CUP) adalah kompetisi robot pemain bola tahunan yang diselenggarakan oleh Federation of International Robot-Soccer Association (FIRA).

Layaknya permainan sepak bola, soccer-robot juga memiliki aturan permainan tertentu. Pada FIRA CUP terdapat tujuh kategori, yaitu Micro-Robot Soccer Tournament (MiroSot), Simulated Robot Soccer Tournament (SimuroSot), Humanoid Robot Soccer Tournament (HuroCup), AmireSot, NaroSot, AndroSot, dan RoboSot. Pada kompetisi ini, robot secara cerdas dan mandiri bermain bola tanpa kendali langsung manusia. Keterlibatan manusia hanya sebagai wasit pertandingan dan manajer robot pemain.

MiroSot adalah kategori pertandingan untuk robot pemain bola berukuran kecil (4 cm x 4 cm x 5,5 cm). Pada MiroSot, para peserta harus memiliki strategi pemainan yang baik menggunakan teknik artificial intelligence (AI), dan mengembangkan robot pemain bola yang memiliki kemampuan membaca lapangan yang akurat serta pengendalian real time yang presisi. Kemampuan dasar ini diperlukan oleh robot pemain bola untuk dapat bekerja sama dan berkoordinasi secara mandiri (autonomous).

Pada HuroCup, robot memiliki bentuk seperti manusia (human-like) yang memiliki dua kaki sehingga disebut humanoid robot. Dalam kategori HuroCup, terdapat sembilan tantangan, yaitu Penalty Kick, Obstacle Run, Sprint, Marathon, Lift and Carry, Weight Lifting, Basketball, Soccer, dan Climbing Wall.

Anggota Tim Robot ITB merupakan mahasiswa S-1 dan S-2 dari beberapa program studi, yaitu sebagai berikut:

1. Aulia el Hakim (S-2 EL/STEI), Tim MiroSot
2. Dadan Nur Ramadan (S-2 EL/STEI), Tim Mirosot
3. Gery Reynaldi (Upgrading D-4 EL/STEI), Tim Mirosot
4. Priadi Teguh Wibowo (S-1 EL/STEI), Tim Mirosot
5. Dinna Fitriyana (S-1 EL/STEI), Tim Mirosot
6. Hafy Zaindini Jungjunan (S-1 EL/STEI), Tim Mirosot
7. Bagus Zukri Fadholi (S-1 TM/FTTM), Tim HuroCup
8. Hannan Prasasta (S-1 FI/FMIPA), Tim HuroCup
9. Nurwanto (S-1 IF/STEI), Tim HuroCup
10. Muhammad Luqman (S-1 EL/STEI), Tim HuroCup
11. Ahmad Ishtar Terra (S-1 EL/STEI), Tim HuroCup
12. Audra Fildza Masita (S-1 EL/STEI), Tim HuroCup

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com