Teater UI Pentaskan "Mughal E Azam"

Kompas.com - 02/10/2013, 16:38 WIB
Disutradari oleh Pradana Setya Kusuma, pementasan ini mengadaptasi film India yang berasal dari naskah klasik berjudul Mughal E Azam sebagai produksi ke-21 Teater UI. Pementasan akan digelar di Graha Bhakti Budaya, Jakarta, Kamis dan Jumat (3-4 Oktober 2013). Dok Teater UI Disutradari oleh Pradana Setya Kusuma, pementasan ini mengadaptasi film India yang berasal dari naskah klasik berjudul Mughal E Azam sebagai produksi ke-21 Teater UI. Pementasan akan digelar di Graha Bhakti Budaya, Jakarta, Kamis dan Jumat (3-4 Oktober 2013).
Penulis Latief
|
EditorLatief
DEPOK, KOMPAS.com - Teater UI bersiap mementaskan kisah klasik romansa India "Mughal E Azam". Pementasan ini diselenggarakan selama dua hari, pada Kamis dan Jumat (3-4/10/2013), di Gedung Kesenian Jakarta.

Disutradari oleh Pradana Setya Kusuma, pementasan ini mengadaptasi film India yang berasal dari naskah klasik berjudul Mughal E Azam. Sebagai produksi ke-21 Teater UI, pementasan ini akan menjadi bukti konsistensi Teater UI untuk terus berkarya dan berkontribusi dalam dunia seni, khususnya di bidang teater di Indonesia.

Mughal E Azam merupakan gambaran betapa dekatnya budaya Indonesia dan India sejak ratusan tahun lalu. Ceritanya berlatar belakang Kerajaan Mughal sebagai kerajaan Islam di India yang sangat berpengaruh pada saat itu.

Alkisah, Pangeran Salim, anak dari Raja Akbar, jatuh cinta kepada penari kerajaan bernama Anarkali, seorang penari berwajah sangat cantik. Salim terpesona akan kecantikan Anarkali dan jatuh cinta pada pandangan pertama.

Mengetahui hal, itu Raja Akbar tidak terima putranya jatuh cinta dengan seorang penari kerajaan. Sang ayah mulai menyusun rencana jahat untuk menjauhkan Pangeran Salim dari Anarkali. Pada akhirnya, kisah cinta mereka berakhir tragis.

Namun demikian, naskah Mughal E Azam akan dikemas dengan "gaya" anak muda Indonesia saat ini. Alhasil, tak ada makna penghayatan cinta antara Pangeran Salim dan Anarkali hilang dalam cerita ini.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X