Kompas.com - 03/11/2013, 10:19 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Perayaan Halloween tiap 31 Oktober dini hari, tak hanya dirayakan oleh warga asing. Remaja di Indonesia mulai ikut merayakan peringatan akhir musim panen yang berasal dari Irlandia.

Hal ini bisa terlihat dari perayaaan Halloween Night yang diselenggarakan English First (EF). Selain merayakan Halloween, di Halloween Night, para remaja itu juga bisa belajar bahasa Inggris dengan cara yang berbeda.

Country Manager EF English Center Patricia Setyadjie yang ditemui Kompas.com pada Jumat (1/11/2013) malam mengatakan, acara Halloween Night itu merupakan salah satu kegiatan Life Club. Pada Life Club Halloween Night, para pengajar mengajak para peserta (siswa EF maupun umum) untuk lebih aktif berbicara bahasa Inggris dengan tema Halloween dan suasana yang menyenangkan.

Pengajar juga mengajarkan kebiasaan dan budaya Halloween yang biasa dilakukan di negara asalnya, sehingga, selain belajar Bahasa Inggris, peserta juga dapat memelajari budaya lain yang tidak ada di Indonesia.

"Ini kegiatan besar Life Club pertama kita. Intinya, di Life Club, akan menginteraksikan guru dan siswa dengan komunikasi bahasa Inggris," kata Patricia.

Adapun aktivitas yang diselenggarakan di Life Club Halloween Night antara lain pemutaran film horor Classic Psycho, Pop Quiz, Best Costume Contest, dan Thriller Michael Jackson Dance Competition. Di acara Pop Quiz, para pengajar memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar Halloween. Para peserta tanpa menyadari akan belajar dan mengetahui budaya Halloween tersebut dengan menyenangkan.

Salah satu murid EF yang turut berpartisipasi dalam acara Halloween Night adalah Hasta (21). Ia mengaku baru pertama kali mengikuti acara Halloween. Mengikuti Halloween Night, mahasiswa Universitas Padjajaran itu mengaku mendapatkan metode belajar bahasa Inggris dengan fun dan baru.

Demi datang ke Halloween Night, Hasta rela merogoh dompetnya. Tak sia-sia, dia mendapatkan predikat Best Costume. Ia menghabiskan uang sekitar Rp 150.000 untuk membeli jubah, tongkat, dan topeng bak tokoh di film Scream.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.