Lewat Promosi Budaya, UNAS Perkuat Kerjasama dengan Italia

Kompas.com - 17/11/2013, 10:54 WIB
Para mahasiswa Universitas Nasional (Unas) menampilkan Tari Topeng Cirebon di dua universitas Italia, yaitu Universitas Degli Studi di Napoli L’Orientale dan Universita Degli Studi Roma Tre Italia, Minggu (17/11/2013). Dok. UnasPara mahasiswa Universitas Nasional (Unas) menampilkan Tari Topeng Cirebon di dua universitas Italia, yaitu Universitas Degli Studi di Napoli L’Orientale dan Universita Degli Studi Roma Tre Italia, Minggu (17/11/2013).
Penulis Latief
|
EditorLatief
JAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Nasional (Unas) menjadi satu–satunya perwakilan Indonesia dalam program Muhibah Seni 2013 Direktorat Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Dikti Kemdikbud) sejak 8 November 2013 hingga Minggu (17/11/2013). Tidak hanya promosi budaya, perguruan tinggi ini juga menjajaki penambahan kerjasama dua universitas di Italia, yaitu Universita Degli Studi Roma Tre Italia dan Universita Degli Studi Pisa.

Unas menjadi satu–satunya perguruan tinggi yang dipilih Dikti untuk mewakili Indonesia pada program tersebut. Unas terpilih karena sudah menjalin kerjasama dengan salah satu universitas di Italia, yaitu Universitas Degli Studi di Napoli dan berencana membuat kerjasama baru dengan dua universitas lain, yakni Universita Degli Studi Roma Tre Italia dan Universita Degli Studi Pisa. Pada muhibah ini Unas menampilkan parade kesenian budaya Indonesia di dua universitas Italia, yaitu Universitas Degli Studi di Napoli L’Orientale dan Universita Degli Studi Roma Tre Italia.

"Ini program kerjasama pendidikan perguruan tinggi swasta yang berencana atau memang sedang menjalankan kerjasama dengan universitas di Italia," ujar Direktur Kantor Kerjasama Internasional Unas, J. Sugarjito kepada Kompas.com di Jakarta, Minggu (17/11/2013).

Sugarjito menambahkan, program muhibah bertema 'Pesona Seni Budaya Indonesia: Jembatan Ilmu dan Kebudayaan' tersebut memiliki beberapa tujuan. Pertama, kegiatan ini bertujuan melestarikan dan menyebarluaskan nilai-nilai karya seni-budaya Indonesia ke mancanegara. Kedua, meningkatkan kualitas perguruan tinggi dalam menghadapi persaingan global.

"Khususnya di bidang seni dan budaya, serta untuk mendukung percepatan perguruan tinggi berstandar internasional dalam menuju internasionalisasi perguruan tinggi," ujarnya.

Selama 10 hari sejak 8 November 2013 lalu hingga hari ini (17/11/2013), delegasi terdiri dari Rektor Universitas Nasional, Drs El Amry Bermawi Putera, 8 mahasiswa dan 7 dosen ini menampilkan beragam budaya Indonesia, yaitu tarian khas Betawi berkelompok dan tunggal, komedi khas Betawi Bobodoran, tari topeng Cirebon, Tari janger, Tari Bondres khas Bali dan Tarian tradisional Betawi, Sirih Kuning.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X