New Media Tower UMN Gedung Paling Hemat Energi

Kompas.com - 09/12/2013, 16:10 WIB
Aktivitas civitas akademika dengan latar belakang Gedung New Media Tower di Universitas Multimedia Nusantara. UMNAktivitas civitas akademika dengan latar belakang Gedung New Media Tower di Universitas Multimedia Nusantara.
EditorTri Wahono


KOMPAS.com
- Gedung New Media Tower Universitas Multimedia Nusantara berhasil menjadi gedung paling hemat energi dengan menjadi pemenang pertama kategori gedung baru hemat energi dalam ajang Penghargaan Efisiensi Energi Nasional (PEEN) 2013.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Wakil Menteri ESDM, Susilo Siswoutomo dan Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi, Rida Mulyana belum lama ini.

Gedung New Media Tower, yang merupakan gedung terbaru Universitas Multimedia Nusantara, dirancang sebagai gedung hemat energi dengan menerapkan berbagai teknologi yang memungkinkan untuk melakukan penghematan energi dengan memanfaatkan udara alami semaksimal mungkin tanpa mengurangi kenyamanan.

UMN Gedung New Media Tower di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Serpong.

Penggunaan teknologi double skin, yang terbuat dari plat aluminium berlubang, memungkinkan untuk mengontrol intensitas cahaya dan panas matahari yang masuk kedalam ruangan sehingga ruangan cukup dingin dan terang. 

Alhasil, penggunaan pendingin udara bisa dikurangi sehingga bisa menghemat energi listrik. Seperti diketahui bahwa pendingin udara mengkonsumsi energi listrik terbesar pada setiap gedung.

Lubang-lubang tersebut juga berfungsi untuk sirkulasi udara sehingga koridor gedung tidak perlu menggunakan pendingin tetapi masih cukup nyaman. Di lantai bawah yang digunakan sebagai kantin dan area pertemuan mahasiswa dibuat dengan konsep terbuka menggunakan udara alami.

Selain itu, gedung ini juga memaksimalkan konservasi air dengan mendaur ulang air limbah untuk digunakan kembali dan menangkap air hujan sehingga tidak terbuang.

Gedung hemat energi di UMN berkesempatan untuk bersaing pada tingkat Negara ASEAN pada tahun 2014.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X