Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat... UMN Pesta Juara!

Kompas.com - 03/01/2014, 14:33 WIB
Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Broadcaster terdiri dari Georgene, Shandy, Tommy, Ryan, Brando dan Agus Syawal berhasil meraih juara kedua SCTV Broadcasting Competition 2013. Kompetisi dimulai dengan mengirimkan paket berita bertopik lingkungan di kampus yang merupakan persyaratan untuk para peserta.

Tim UMN Broadcaster membuat sebuah paket tentang Business Incubator UMN Skystar Ventures serta New Media Tower yang mendapatkan juara pertama sebagai gedung hemat energi. Paket berita itulah yang mengantarkan mereka menjadi salah satu dari 6 finalis yang diundang ke Jakarta mengikuti workshop dan melaju ke babak final.

Sementara itu, tim UM juga berhasil meraih juara untuk kategori perfilman. Diikuti berbagai institusi pendidikan film di Indonesia, kemenangan UMN diraih lewat produksi 'Haryo', sebuah film fiksi pendek berdurasi 13 menit sebagai pilihan favorit penonton (Official Selection) di festival film Jogja Cinephilia.

Film 'Haryo' menceritakan seorang pemuda bernama Haryo yang menderita dehidrasi di kosnya akibat hawa panas siang bolong. Haryo berusaha untuk menghilangkan rasa hausnya tersebut.

"Idenya dari Martinus Tito, kameraman dan penulis naskah film ini. Semuanya berdasarkan pengalaman pribadi," tutur Zidny I. Nafian, sutradara 'Haryo', mahasiswa Cinematography UMN 2010 kepada Kompas.com di Jakarta, Jumat (3/1/2014).

Proses pembuatan film ini dilakukan di awal 2013 lalu. Zidny mengungkapkan, tim membutuhkan waktu sekitar tiga bulan sejak syuting hingga selesai editing film ini selesai.

Sementara itu, prestasi UMN juga terukir di dunia game dan teknologi informasi. UMN menorehkan prestasi di dua kompetisi, yaitu Gemfest 2013 untuk game berjudul ‘Trigger Knight Ex’ dan skripsi yang mengangkat fenomena tentang pengamanan dropbox berbasis mobile. Kedua karya tersebut diikutsertakan dalam konferensi IEEE di Inggris.

Berawal dari proyek magang di Mintsphere (sebuah studio developer game di Indonesia), yaitu mengembangkan game yang telah ada sebelumnya bernama ‘Trigger Knight’, Ericko sebagai programmer bekerjasama dengan pihak Mintsphere sebagai artisnya. Mereka kemudian menghasilkan ‘Trigger Knight Ex’.

Adapun Aditya Yulianto, mahasiswa Teknik Informatika angkatan 2009 berhasil diundang ke Inggris untuk mempresentasikan hasil penelitian sekaligus menimba ilmu dari penelitian-penelitian para peneliti di seluruh dunia melalui call for paper (cfp).

CFP sendiri merupakan program yang diadakan untuk mengumpulkan hasil penelitian akademik berupa paper jurnal atau buku. CFP menjadi bagian dari event International Conference for Internet Technology and Secured Transactions (ICITST) 2013 yang merupakan konferensi tahunan dari IEEE didedikasikan untuk perkembangan teori dan implementasi praktikal transaksi internet yang aman serta diskusi evolusi perkembangan IT.

"Kami sangat bangga kepada semua mahasiswa dan mahasiswi yang tidak pernah patah semangat untuk terus berjuang memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia, khususnya Universitas Multimedia Nusantara. Kami akan terus bersemangat mencapai prestasi-prestasi gemilang lainnya, karena waktu juang tidak hanya sampai di sini," ujar Ninok Leksono, Rektor UMN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com