Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi... Unas Masuk Deretan "QS World Top Universities Rating"

Kompas.com - 09/01/2014, 14:47 WIB
Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Nasional (Unas) tahun ini masuk dalam deretan QS World Top Universities Rating 2013. Berbeda dengan prestasi sempat diraih pada 2011 lalu, kali ini Unas mendapatkan predikat dua bintang atau Two Stars dari tujuh komponen penilaian yang ditetapkan.

Quacquarelli Symonds (QS) Star adalah lembaga internasional yang melakukan pemeringkatan universitas di seluruh Indonesia dan dilakukan setiap tiga tahun sekali. Universitas Nasional sendiri pertama kali masuk pada 2011 dan sukses mendapatkan predikat “One Star” yang diserahkan dalam acara QS Stars Award Ceremony and The 7th APPLE Conference and Exhibition, di Universitas Santo Tomas Manila Pilipina.

"Penilaian kali ini Unas mengalami peningkatan cukup drastis, terutama untuk bidang pengajaran dan riset. Tahun 2011 itu bidang pengajaran kita hanya mendapat satu bintang dan di penilaian 2013 bertambah menjadi tiga bintang," ujar Kepala Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Nasional, Eddy Guridno, di Kampus Unas, Jakarta, Rabu (8/1/2013) sore.

Eddy menuturkan, penelitian Unas telah mencapai 30 sub-judul yang berhasil masuk di index Scopus. Karena itulah, Unas langsung mendapatkan dua bintang.

"Scopus merupakan indikator jurnal internasional yang mendunia. Bukan hal yang mudah masuk ke dalam index ini. Selain jurnal ilmiah yang memiliki kualitas tinggi, diperlukan juga kualitas reputasi dari penulis atau penelitinya," imbuh Eddy.

Dalam penilaian QS Star tersebut, Unas mendapat predikat ‘Two Stars” dengan kriteria masing – masing. Untuk bidang Teaching, Unas mendapat tiga bintang. Sementara di bidang Employability perguruan tinggi swasta ini meraih satu bintang. Adapun di bisang Research, Unas mendapat dua bintang, diikuti bidang Internationalization sebanyak satu bintang, bidang Facilities empat bintang, Engagement dua bintang, dan bidang Access sebanyak lima bintang.

"Ini hasil kerja keras kami dalam melakukan praktik baik penjaminan mutu internal dan tentunya ini memberi banyak dampak positif untuk mendorong setiap unit kerja untuk menata unitnya lebih kompetitif dan meningkatkan semangat mahasiswa, dosen serta seluruh pihak," ujarnya.

Sebelumnya, di akhir 2013 lalu, Unas juga meraih gelar sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Unggulan tingkat Kopertis Wilayah III pada akhir 2013 lalu. Meski baru pertama kali ikut serta dalam pemilihan, Unas langsung memboyong dua piala sekaligus, yaitu untuk kategori pembelajaran dan tata kelola penjaminan mutu (Baca: Rebut Dua Piala, UNAS Raih Predikat "PTS Unggulan 2013").

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com