Kompas.com - 03/03/2014, 17:46 WIB
Anak-anak SDN 1 Leuwinanggung meluapkan kegembiraan mereka sesaat setelah pintu sekolah itu dibuka, Rabu (20/6/2012) pagi. KOMPAS/Andy Riza HidayatAnak-anak SDN 1 Leuwinanggung meluapkan kegembiraan mereka sesaat setelah pintu sekolah itu dibuka, Rabu (20/6/2012) pagi.
|
EditorLatief
JAKARTA, KOMPAS.com - Seluruh warga negara Indonesia harus dapat mengenyam pendidikan. Menurut Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Musliar Kasim, hal itulah yang kini menjadi tantangan bagi dunia pendidikan di Tanah Air.

"Tantangan pendidikan di Indonesia itu adalah banyak orang yang harus diedukasi. Setiap orang harus diedukasi, paling tidak dengan pendidikan dasar 12 tahun," ujarnya usai penandatanganan kerjasama pendidikan dengan delegasi Inggris di Jakarta, Senin (3/3/2014).

Namun, lanjut Musliar, tak cukup dengan pendidikan dasar 12 tahun. Masyarakat Indonesia juga perlu merasakan bangku pendidikan yang lebih tinggi, yaitu dengan berkuliah di perguruan tinggi.

Dalam kaitan itulah, lanjut dia, delegasi dari tujuh perguruan tinggi di Inggris, Asosiasi Perguruan Tinggi dan Badan Jaminan Kualitas yang diwakili oleh Menteri Sains dan Universitas Inggris, David Willetts, melakukan pendandatanganan nota kesepahaman (MoU) pendidikan dengan Indonesia. Dalam MoU tersebut, delegasi itu menyoroti pendidikan mahasiswa Indonesia yang menimba ilmu di Inggris dan sebaliknya, serta penelitian terkait bidang agrikultur, teknologi dan kesehatan.

"Kami ingin mempromosikan perkembangan pendidikan di Indonesia. Kami memandang Indonesia berpotensi besar sebagai tempat riset bidang agrikultur, teknologi dan kesehatan," kata David.

Dia menilai, masyarakat Indonesia yang menempuh pendidikan perguruan tinggi sangat kurang dibandingkan dengan negara tetangganya, yakni Malaysia dan Singapura. Penandatanganan MoU tersebut diantaranya kerjasama antara University of Warwick, diwakili oleh Michael Tgriff, dengan LIPI yang diwakili oleh Lukman Hakim. Selain itu, University of Southampton, diwakili oleh Prof Don Nukbeam, dengan Universitas Indonesia yang diwakili Wakil Rektor dan Akademik bidang Kemahasiswaan UI, Bambang Wibawarta, mengenai kerjasama Ilmu Komputer.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.