Kompas.com - 05/03/2014, 20:09 WIB
|
EditorLatief
JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2014 akan diselenggarakan beberapa pekan ke depan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh memberikan sorotan serius pada pelaksanaan UN ini, mengingat pada pelaksanaan UN tahun lalu sempat terhambat lantaran persoalan terlambatnya percetakan naskah soal ujian.

Menurut Nuh, master naskah UN telah diserahkan kepada masing-masing percetakan yang telah diberi mandat untuk mencetak. Dia pun mengaku yakin, bahwa percetakan sudah memulai proses mencetak naskah tersebut.

"Pada 24 Februari kemarin kita sudah menyerahkan master ke masing-masing percetakan. Minggu depan saya juga akan mengecek ke beberapa tempat untuk progresnya," ujarnya pada konferensi pers Pra Rembuk Nasional Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan di Hotel Sahid, Jakarta, Rabu (5/3/2014).

Mendikbud mengatakan, Kemendikbud akan selalu memantau jalannya pencetakan soal UN tersebut. Selain itu, Kemendikbud akan diturunkan tim yang akan terus memantau proses percetakan selama 24 jam.

"Ada tim yang memantau dari kombinasi perguruan tinggi, panitia itu sendiri dan kepolisian," kata Nuh.

Pencetakan naskah UN diperkirakan akan selesai pada akhir Maret 2014 dan siap untuk didistribusikan ke berbagai daerah.

"Ke daerah terpencil dikirim lebih awal sehingga mudah-mudahan tanggal 7 atau tanggal 10 April sudah sampai ke wilayah kabupaten atau kota atau sudah sampai ke rayon-rayon," katanya.

Pelaksanaan UN 2014 hanya berselang satu minggu dari pelaksanaan pemilihan umum. Nuh juga berharap tidak terjadi masalah dalam pelaksanaannya, terutama terkait percetakan naskah.

"Jangan sampai ujian nasional mengganggu pelaksanaan pemilu," ujar Nuh.

Seperti diberitakan sebelumnya, tahun ini Kemendikbud kembali menggelar ujian nasional (UN). Kemendikbud menggelar UN untuk mengukur standar nasional dengan komposisi 60:40 (UN:nilai sekolah).

Jadwal UN tahun pelajaran 2013/2014 untuk tingkat SMA/MA, SMK/MAK, dan SMALB dilaksanakan pada 14-16 April 2014. Untuk UN SMP, MTs, dan SMPLB dilaksanakan
pada tanggal 5-8 Mei 2014. Informasi UN selengkapnya di Inilah Jadwal Ujian Nasional 2014!.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.