Kompas.com - 13/04/2014, 15:12 WIB
Ilustrasi Ujian Nasional KOMPAS IMAGES/ANDREAN KRISTIANTOIlustrasi Ujian Nasional
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidian dan Kebudayaan Muhammad Nuh memberikan tiga instruksi khusus demi ketertiban jalannya ujian di semua sekolah penyelenggara Ujian Nasional pada Senin (14/4/2014).

Instruksi pertama M Noh adalah agar peserta ujian yang masuk ke ruang ujian tidak diperbolehkan membawa perlengkapan apapun kecuali alat tulis. Perlengkapan lainnya yang tidak berhubungan dengan pelaksanaan ujian agar diamankan di luar ruangan ujian.

Selanjutnya adalah pendampingan kepada peserta yang hendak menuju ke toilet. "Izin ke kamar mandi agar didampingi oleh guru maupun pengawas. Namun yang sejenis ya, perempuan dengan perempuan dan laki-laki," kata M Nuh saat melakukan inspeksi mendadak di SMA 70 Jakarta, Minggu (13/4/2014).

Ketiga, aparat kepolisian yang bertugas di sekitar lokasi agar menggunakan pakaian sipil. M Nuh berpendapat, kehadiran aparat keamanan berseragam lengkap bisa mempengaruhi siswa secara psikologis. 

"Tetap dipantau di sekitar area harus steril. Mata telinga kita semua kita tunjukkan untuk memantau. Aparat kepolisian bejaga di luar, nggak ada yang di dalam kelas," katanya.

M Nuh menjelaskan naskah soal yang dibagikan tidak sama antara siswa satu dengan lainnya. Hal itu dilakukan bukan karena penyelenggara ujian nasional tidak mempercayai kejujuran siswa didik, melainkan untuk melatih kepercayaan diri mereka.

"Siswa taunya di kelas jenis soal ujian seperti apa. Soal diacak, bukan tidak memercayai anak-anak tapi kita ingin memberikan anak-anak agar mereka percaya dengan kemampuan sendiri," tandas Nuh.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.