Kompas.com - 13/04/2014, 17:35 WIB
Ilustrasi. www.shutterstock.comIlustrasi.
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan Ujian Nasional 2014 akan berintegrasi dengan universitas. Dengan demikian, perguruan tinggi pun dilibatkan dalam proses pelaksanaan termasuk dalam pembuatan soal.

"Tahun ini pelaksanaan UN pertama kali terintegrasi vertikal, yaitu hasil UN dipertimbangkan untuk masuk ke PT," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh ketika melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke SMAN 70 Jakarta, Minggu (13/4/2014).

Dia memaparkan, proses pembuatan soal akan berpacu pada Programme for International Student Assessment (PISA), yakni mengacu pada standar sekolah internasional dengan komposisi tingkat kesulitan 20 persen soal kategori sulit, 10 persen soal kategori mudah, dan 70 persen sisanya dalam ketegori sedang.

Bila pada tahun sebelumnya UN hanya menjadi syarat kelulusan, kata Nuh, maka tidak pada tahun ini. Hasil UN akan dimasukkan ke dalam rumus penghitungan kelulusan yang mencakup pula Nilai Ujian sekolah, nilai rapor dan perilaku.

"Hasil UN nantinya, juga kita kita pakai sebagai pemetaan sekaligus perbaikan dari proses belajar mengajar," terang M Nuh.

"Kita kejar kualitas pelaksanaan, kualitas hasil, dan pemanfaatannya. Kita pakai untuk pemetaan, harus bagus, lebih detail per satuan pendidikan dan per mata pelajaran," lanjutnya.

Selanjutnya, perguruan tinggi juga dilibatkan dalam pengawasan pelaksanaan. Ketua Panitia Pelaksana UN SMA DKI Jakarta Istaryatiningtias memberi contoh, di DKI Jakarta

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti misalnya di DKI Jakarta, ujar Ketua Panitia Pelaksana UN SMA DKI Jakarta Istaryatiningtias, pengawasan Ujian Nasional dikoordinatori oleh Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dengan bekerja sama dengan perguruan tinggi di Jakarta dan sekitarnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.