Kompas.com - 13/04/2014, 18:09 WIB
Universitas Negeri Semarang telah menyelesaikan pemindaian lembar jawaban ujian nasional tingkat SMA/MA/SMK se-Jateng, Rabu (1/5/2013). Unnes menyelesaikan pemindaian lebih cepat dari batas waktu yang diberikan 3 Mei. Bahkan lebih cepat sehari dari target Unnes sebelumnya. KOMPAS/AMANDA PUTRI NUGRAHANTIUniversitas Negeri Semarang telah menyelesaikan pemindaian lembar jawaban ujian nasional tingkat SMA/MA/SMK se-Jateng, Rabu (1/5/2013). Unnes menyelesaikan pemindaian lebih cepat dari batas waktu yang diberikan 3 Mei. Bahkan lebih cepat sehari dari target Unnes sebelumnya.
|
EditorKistyarini

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Menghadapi Ujian Nasional yang digelar mulai Senin (14/4/2014) besok, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Sleman membuka posko koordinasi dan pengaduan.

Masyarakat dapat melaporkan berbagai bentuk kecurangan selama Ujian Nasional (UN) melalui posko tersebut.

"Kami siapkan posko di kantor dinas. Silakan lapor jika mendapati penyimpangan dalam ujian nasional," terang Kepala Disdikpora Sleman Arif Haryono, Minggu siang.

Arif mengungkapkan, posko tersebut akan dijadikan sebagai tempat berkoordinasi dan sekaligus menerima pengaduan berbagai bentuk kecurangan selama UN. Laporan yang masuk ke posko nantinya akan ditelaah menjadi kewenangan pihak sekolah, pokja, Pemkab atau Pemprov.

"Tahun lalu kita sudah buka posko, namun memang tidak ada pengaduan," kata Arif.

Guna mengantisipasi adanya tindak kecurangan, pihaknya menambah jumlah pengawas dari kalangan perguruan tinggi. Jika tahun lalu tiap sekolah hanya diisi satu pengawas kini bisa dua sampai tiga pengawas.

"Jumlah pengawas ditambah agar hasilnya bisa optimal. Mengingat nilai UN SMA tahun ini dijadikan salah satu pertimbangan seleksi masuk perguruan tinggi," ucap Arif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengawasan UN 2014 dilakukan oleh akademisi dari UGM. Keseluruhan ada 1.364 pengawas dimana 582 orang bertugas di SMA/MA, dan 782 di SMK.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.