Kompas.com - 15/04/2014, 10:47 WIB
Mendiknas Mohammad Nuh. KOMPAS IMAGES/VITALIS YOGI TRISNA Mendiknas Mohammad Nuh.
Penulis Nadia Zahra
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh melakukan investigasi terkait temuan mengenai adanya nama Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dalam soal ujian nasional (UN) Bahasa Indonesia.

"Kami akan rapat investigasi dulu terhadap temuan tersebut. Soal kan ada 20 tipe dan berbeda regional juga, maka kita telusuri dulu ya," ucap M Nuh di kantor Kemendikbud Jakarta, Selasa (15/4/2014).

Ia mengatakan akan mengusut siapa tim pembuat naskah tersebut dan bagaimana mekanisme pembuatan naskah soal seperti apa. Jika terdapat indikasi menyimpang, akan dijatuhkan sanksi.

"Seharusnya dalam membuat soal itu jangka waktunya enam bulan sebelum pelaksanaan UN, bukan mendadak. Kami tidak mau berspekulasi dulu, biar kami telusuri dulu ya. Nanti jam 14.00 akan kami sampaikan secara utuh ke media dan publik," ungkap M Nuh kepada wartawan.

Pertemuan antara M Nuh bersama wakil menteri, BSNB, litbang, inspektorat, sekjen, dan dirjen di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan dilaksanakan secara tertutup terkait pembahasan mengenai kasus tersebut.

Sekitar pukul 14.00, M Nuh beserta jajarannya akan melangsungkan konferensi pers di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, terkait perkembangan kasus tersebut.

Sebelumnya, ramai di media mengenai soal UN mata pelajaran Bahasa Indonesia tingkat SMA, yang berisi nama Gubernur DKI Jakarta yang berupa biografi berisi dua paragraf. Dalam soal tersebut kemudian diminta menjawab soal terkait dengan isi bacaan tersebut, yaitu bentuk keteladanan yang dimiliki oleh Jokowi.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.