Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendikbud Selidiki Munculnya Jokowi dalam Soal UN 2014

Kompas.com - 15/04/2014, 10:47 WIB
Nadia Zahra

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh melakukan investigasi terkait temuan mengenai adanya nama Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dalam soal ujian nasional (UN) Bahasa Indonesia.

"Kami akan rapat investigasi dulu terhadap temuan tersebut. Soal kan ada 20 tipe dan berbeda regional juga, maka kita telusuri dulu ya," ucap M Nuh di kantor Kemendikbud Jakarta, Selasa (15/4/2014).

Ia mengatakan akan mengusut siapa tim pembuat naskah tersebut dan bagaimana mekanisme pembuatan naskah soal seperti apa. Jika terdapat indikasi menyimpang, akan dijatuhkan sanksi.

"Seharusnya dalam membuat soal itu jangka waktunya enam bulan sebelum pelaksanaan UN, bukan mendadak. Kami tidak mau berspekulasi dulu, biar kami telusuri dulu ya. Nanti jam 14.00 akan kami sampaikan secara utuh ke media dan publik," ungkap M Nuh kepada wartawan.

Pertemuan antara M Nuh bersama wakil menteri, BSNB, litbang, inspektorat, sekjen, dan dirjen di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan dilaksanakan secara tertutup terkait pembahasan mengenai kasus tersebut.

Sekitar pukul 14.00, M Nuh beserta jajarannya akan melangsungkan konferensi pers di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, terkait perkembangan kasus tersebut.

Sebelumnya, ramai di media mengenai soal UN mata pelajaran Bahasa Indonesia tingkat SMA, yang berisi nama Gubernur DKI Jakarta yang berupa biografi berisi dua paragraf. Dalam soal tersebut kemudian diminta menjawab soal terkait dengan isi bacaan tersebut, yaitu bentuk keteladanan yang dimiliki oleh Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com