Kompas.com - 16/04/2014, 23:11 WIB
Penulis Nadia Zahra
|
EditorTri Wahono
JAKARTA, KOMPAS.com -- Cerita mengenai Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo kembali masuk ke dalam naskah soal ujian nasional (UN) 2014. Kali ini dalam mata pelajaran Bahasa Inggris untuk tingkat SMA, Rabu (16/4/2014).

Seperti informasi yang beredar di dunia maya, melalui akun Twitter @eae18 sekitar pukul 07.22 pagi tadi, ia menunjukkan sebuah foto, yaitu naskah soal tersebut beserta komentarnya.

"Apa pun isi materinya, Jokowi masuk lagi di soal UN Bahasa Inggris," tulis pemilik akun, Lanang Sawah.

Dalam kicauan tersebut, ia menyatakan menemukan soal tersebut dari sekolah Madrasah Aliyah (MA) Amanatul Huda di Cipondoh, Banten, Jawa Barat.

Sebanyak 50 komentar lebih dari masyarakat membicarakan soal tokoh calon presiden PDI-P, Jokowi, tersebut. Ada juga retweet dari calon DPD RI Fahira Idris dan politisi Partai Golkar Indra J Piliang.

Foto soal Bahasa Inggris yang disisipi nama Jokowi berisi tentang program Jokowi terkait kendaraan ramah lingkungan dan murah. Salah satu kalimatnya antara lain, "Jokowi also plans to restrict the used private vehicles."

Sebelumnya, ditemukan pula kasus sejenis dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim dalam konferensi pers Selasa (15/4/2014) siang mengatakan akan memanggil dan menginvestigasi tim pembuat naskah soal ujian nasional (UN).

"Pembuatan soal sudah sesuai dengan standar dan prosedur yang berlaku. Soal dibuat 6 bulan yang lalu, jadi kami memang tidak ada unsur kesengajaan atas masuknya nama Jokowi di soal (Bahasa Indonesia). Biar kita investigasi ke tim pembuat soalnya dulu," ungkap Musliar Kasim di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada Selasa siang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.