Kemendikbud Jamin Soal UN SMP Bebas dari Unsur Politisasi

Kompas.com - 04/05/2014, 19:04 WIB
Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Musliar Kasim KOMPAS.com/Indra AkuntonoWakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Musliar Kasim
Penulis Nadia Zahra
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjamin naskah ujian nasional (UN) tingkat sekolah menengah pertama SMP dan sederajat bebas dari unsur tokoh politik.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Musliar Kasim saat melakukan pantauan H-1 ujian nasional ke SMPN 45, Cengkareng Jakarta Barat.

"Belajar dari UN SMA kemarin yang ada nama tokoh politiknya, jadi langsung kami cek ulang untuk soal-soal UN SMP. Sebelumnya memang masih ada nama tokoh yang berpotensi menimbulkan polemik, tapi sudah diganti semua," ujar Musliar Kasim kepada wartawan, Minggu (4/5/2014).

Adapun saat ditanya Kompas.com, ia enggan menjawab nama tokoh politik yang sebelumnya terdapat dalam naskah UN SMP tersebut. "Ya ada lah, kita tidak bisa beri tahu itu. Pokoknya semua sudah diganti, sudah aman," papar Musliar seraya tertawa.

Sebelumnya, pada pelaksanaan ujian nasional tingkat SMA dan sederajat pada 14-16 April 2014 lalu ditemukan soal berupa biografi Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo pada soal Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris di beberapa wilayah yaitu di Jakarta dan Banten, Jawa Barat.

Untuk pelaksanaan ujian nasional tingkat SMP dan MTs se-Indonesia mulai dari tanggal 5-8 Mei 2014. Adapun total peserta UN SMP/MTs nasional sebanyak 3.902.938 orang, kemudian untuk kategori paket B sekitar 227.743 peserta.

Untuk mata pelajaran SMP/MTs yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Sedangkan untuk ujian paket B akan ditambah Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X