Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendikbud Jamin Soal UN SMP Bebas dari Unsur Politisasi

Kompas.com - 04/05/2014, 19:04 WIB
Nadia Zahra

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjamin naskah ujian nasional (UN) tingkat sekolah menengah pertama SMP dan sederajat bebas dari unsur tokoh politik.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Musliar Kasim saat melakukan pantauan H-1 ujian nasional ke SMPN 45, Cengkareng Jakarta Barat.

"Belajar dari UN SMA kemarin yang ada nama tokoh politiknya, jadi langsung kami cek ulang untuk soal-soal UN SMP. Sebelumnya memang masih ada nama tokoh yang berpotensi menimbulkan polemik, tapi sudah diganti semua," ujar Musliar Kasim kepada wartawan, Minggu (4/5/2014).

Adapun saat ditanya Kompas.com, ia enggan menjawab nama tokoh politik yang sebelumnya terdapat dalam naskah UN SMP tersebut. "Ya ada lah, kita tidak bisa beri tahu itu. Pokoknya semua sudah diganti, sudah aman," papar Musliar seraya tertawa.

Sebelumnya, pada pelaksanaan ujian nasional tingkat SMA dan sederajat pada 14-16 April 2014 lalu ditemukan soal berupa biografi Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo pada soal Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris di beberapa wilayah yaitu di Jakarta dan Banten, Jawa Barat.

Untuk pelaksanaan ujian nasional tingkat SMP dan MTs se-Indonesia mulai dari tanggal 5-8 Mei 2014. Adapun total peserta UN SMP/MTs nasional sebanyak 3.902.938 orang, kemudian untuk kategori paket B sekitar 227.743 peserta.

Untuk mata pelajaran SMP/MTs yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Sedangkan untuk ujian paket B akan ditambah Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com