Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendikbud: Munculnya Jokowi di Soal UN SMA Tidak Disengaja

Kompas.com - 04/05/2014, 20:02 WIB
Nadia Zahra

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Musliar Kasim mengatakan hasil investigasi atas munculnya nama Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo dalam soal ujian nasional SMA merupakan unsur ketidaksengajaan oleh tim penulis naskah.

"Hingga saat ini, investigasi sementara menunjukkan adanya unsur ketidaksengajaan oleh si penulis dalam membuat soal UN SMA yang memasukkan nama Jokowi di dalamnya," ungkap Musliar kepada wartawan di Jakarta, Minggu (4/5/2014).

Menurutnya, hal tersebut merupakan temuan sementara dan masih dipelajari oleh tim investigasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sehingga Musliar belum bisa memberikan keterangan tambahan.

Sebelumnya, pelaksanaan ujian nasional tingkat SMA berlangsung selama tiga hari, mulai 14 hingga 16 April 2014. Adapun mata pelajaran yang diujikan antara lain Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi untuk bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Sedangkan mata pelajaran bagi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Ekonomi, Sosiologi dan Geografi.

Sebelumnya diberitakan, Jokowi disebut dalam salah satu soal UN untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk jurusan IPS. Jenis pertanyaan itu adalah pilihan ganda. Pertama, dituliskan terlebih dahulu latar belakang Joko Widodo, mulai dari tanggal lahir, rekam jejak pendidikan, hingga persoalan yang dihadapi Jokowi terkait UMP.

Setelah itu, soal masuk ke pertanyaan yang menanyakan poin keteladanan Jokowi dalam kutipan wacana tersebut. Pertanyaan selanjutnya adalah apa masalah yang dihadapi Joko Widodo berdasarkan paragraf tersebut.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com