Kemendikbud: Munculnya Jokowi di Soal UN SMA Tidak Disengaja

Kompas.com - 04/05/2014, 20:02 WIB
Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Musliar Kasim KOMPAS.com/Indra AkuntonoWakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Musliar Kasim
Penulis Nadia Zahra
|
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Musliar Kasim mengatakan hasil investigasi atas munculnya nama Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo dalam soal ujian nasional SMA merupakan unsur ketidaksengajaan oleh tim penulis naskah.

"Hingga saat ini, investigasi sementara menunjukkan adanya unsur ketidaksengajaan oleh si penulis dalam membuat soal UN SMA yang memasukkan nama Jokowi di dalamnya," ungkap Musliar kepada wartawan di Jakarta, Minggu (4/5/2014).

Menurutnya, hal tersebut merupakan temuan sementara dan masih dipelajari oleh tim investigasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sehingga Musliar belum bisa memberikan keterangan tambahan.

Sebelumnya, pelaksanaan ujian nasional tingkat SMA berlangsung selama tiga hari, mulai 14 hingga 16 April 2014. Adapun mata pelajaran yang diujikan antara lain Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi untuk bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Sedangkan mata pelajaran bagi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Ekonomi, Sosiologi dan Geografi.

Sebelumnya diberitakan, Jokowi disebut dalam salah satu soal UN untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk jurusan IPS. Jenis pertanyaan itu adalah pilihan ganda. Pertama, dituliskan terlebih dahulu latar belakang Joko Widodo, mulai dari tanggal lahir, rekam jejak pendidikan, hingga persoalan yang dihadapi Jokowi terkait UMP.

Setelah itu, soal masuk ke pertanyaan yang menanyakan poin keteladanan Jokowi dalam kutipan wacana tersebut. Pertanyaan selanjutnya adalah apa masalah yang dihadapi Joko Widodo berdasarkan paragraf tersebut.




25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X