Kompas.com - 20/05/2014, 05:40 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorPalupi Annisa Auliani
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 13 pelajar di Daerah Istimewa Yogyakarta tak lulus ujian nasional. Kabupaten Bantul menjadi asal sekolah terbanyak yang menyumbang ketidaklulusan siswa. Adapun 83 peserta kelompok belajar paket C juga tak lulus di provinsi ini.

"Sebanyak 13 Siswa ini 8 dari siswa SMA dan 5 siswa SMK," terang Kepala Disdikpora DIY Baskara Aji, Senin (19/05/2014). Dia mengatakan Kabupaten Bantul mencatatkan 6 siswa SMA dan 2 siswa SMK yang tak lulus. Aji tak memberikan rincian lebih lanjut soal peserta kelompok belajar paket C.

Sementara itu, hasil UN tertinggi DIY diraih oleh SMAN 3 Yogyakarta dengan nilai rata-rata 49,25. SMAN 1 Yogyakarta berada di posisi kedua dengan nilai rata-rata 48,88, dan peringkat ketiga diraih SMAN 1 Wonosari dengan nilai 47,91.

Aji mengatakan ada peningkatan kualitas hasil UN pada tahun ini. Apalagi bila dibandingkan dengan UN pada tahun lalu, UN tahun ini lebih berat. Adapun bagi siswa yang tidak lulus UN, kata dia, masih punya kesempatan mengikuti ujian kelompok belajar paket C yang akan digelar pada Agustus 2014.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.