Lakukan Registrasi Setelah Lulus SNMPTN

Kompas.com - 27/05/2014, 11:36 WIB
Ilustrasi.
KOMPAS IMAGES/DONNY SOPHANDIIlustrasi.
|
EditorWisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com — Calon mahasiswa yang telah lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) harus melakukan proses registrasi. Dengan demikian, barulah calon mahasiswa tersebut resmi menjadi mahasiswa baru di perguruan tinggi. Proses registrasi dilakukan pada 17 Juni 2014.

Calon mahasiswa harus membawa bukti-bukti untuk melengkapi verifikasi data akademik dan juga data ekonomi. "Verifikasi data akademik, mahasiswa dengan membawa rapor dan portofolio lainnya dilaksanakan di PTN tempat mahasiswa diterima," kata Ketua Panitia SNMPTN Ganjar Kurnia, Senin (26/5/2014).

Ganjar menjelaskan, mahasiswa harus datang dengan membawa nilai rapor asli. Nilai-nilai tersebut haruslah sama dengan yang dia laporkan ketika mengisi data akademis seleksi SNMPTN. "Kalau kemudian rapornya tidak sama dengan yang dilaporkan, seleksinya lulus, tapi belum tentu diterima (di perguruan tinggi)," katanya.

Begitu pun dengan registrasi ekonomi. Panitia akan mengevaluasi kemampuan ekonomi calon mahasiswa. Apakah benar kemampuan finansial orangtua calon mahasiswa sesuai dengan yang dia tuliskan sewaktu mendaftar.

"Pada saat seleksi, akan terlihat gayanya. Apakah dia benar mampu atau tidak. Jika tidak sesuai dengan yang dikatakan, akan didatangkan tim khusus ke rumahnya," ujar Ganjar.

SNMPTN merupakan seleksi masuk berdasarkan tiga indikasi nilai siswa pada saat mereka berada di sekolah menengah atas, di antaranya, indeks sekolah, yaitu akreditasi sekolah, evaluasi rapor dan prestasi lainnya, serta kelulusan UN dan nilai murni UN.

Hasil SNMPTN akan diumumkan pada Selasa (27/5/2014) pukul 12.00. Hasil itu akan diumumkan melalui situs resmi SNMPTN dan perguruan tinggi penyelenggara.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X